Bagaimana menghitung usia di Excel

Menemukan perbedaan yang tepat antara dua tanggal di Excel mungkin bukan fitur yang paling sering digunakan, tetapi bisa sangat menyenangkan. Contoh klasik adalah menghitung usia seseorang. Ini tidak sesulit kedengarannya, dan ada fungsi praktis di Excel yang dapat memberi Anda usia yang tepat untuk hari itu. Baca terus untuk tips tentang cara menghitung usia di Excel.

Baca lebih banyak: Bagaimana cara menambahkan sel di Excel

JAWABAN CEPAT

Untuk menghitung usia seseorang di Excel, masukkan rumus =DATEDIF(A2,HARI INI(),” y”)dimana sel A2 berisi tanggal mereka lahir dan “Hari ini” adalah tanggal hari ini. Tekan Memasuki dan Excel akan menampilkan usia.

Cara menghitung usia di Excel

Ini adalah tugas tiga kolom yang cukup sederhana. Untuk memulai, masukkan tanggal lahir seseorang ke dalam sel pertama Anda. Dalam contoh kami, kami menggunakan Tom Hanks, yang tanggal lahirnya ada di sel A2.

Sekarang, masukkan tanggal hari ini ke dalam sel di sebelah sel pertama Anda. Lebih mudah untuk menyatukan kedua tanggal jika Anda melacak beberapa usia.

hitung usia di excel 1 1200x332 1

Adam Birney / Otoritas Android

Di sel ketiga (bagi kami, ini C2), masukkan rumus berikut: =DATEDIF(A2, B2, “y”). Dua pengidentifikasi sel relatif mudah, dan menggunakan huruf y sebagai indikator ketiga berarti Anda hanya tertarik pada jumlah tahun.

hitung umur di excel 2 1200x335 1

Adam Birney / Otoritas Android

Anda juga bisa mendapatkan usia seseorang tanpa memasukkan tanggal hari ini di sel kedua. Untuk melakukan ini, ubah rumus Anda menjadi =DATEDIF(A2,HARI INI(),” y”). Excel akan melakukan sisanya dengan mengidentifikasi tanggal dan menghitung usia.

Jika Anda benar-benar ingin lebih spesifik, Anda juga dapat menghitung usia seseorang pada tanggal sejarah tertentu. Kita akan mendapatkan sejarah dengan contoh kita dan menghitung usia yang tepat dari Tom Hanks ketika film Castaway dirilis: 7 Desember 2000.

Rumusnya akan terlihat seperti ini: =DATEDIF(A2, DATE(2000,12,7), “y”). Perhatikan bahwa format tanggal adalah tahun, bulan, dan hari.

hitung umur di excel 3 1200x334 1

Adam Birney / Otoritas Android

Pengukuran terakhir dan paling spesifik yang dapat Anda lakukan adalah usia seseorang, termasuk bulan dan hari. Rumusnya membutuhkan waktu sedikit lebih lama dari pengukuran sebelumnya, tetapi prosesnya tetap sama. Rumus Anda akan terlihat seperti ini: =DATEDIF(A2,B2, “y”) & “y” & DATEDIF(A2, B2, “ym”) & “m” & DATEDIF(A2,B2, “md”) & “d.”

hitung usia di excel 4 1200x337 1

Adam Birney / Otoritas Android

Meskipun terlihat seperti seteguk, lebih masuk akal setelah Anda memecahnya. Anda harus memiliki fungsi DATEDIF untuk setiap tingkat pengukuran, yang berarti bahwa fungsi pertama menunjukkan tahun. Fungsi kedua mengukur tahun dan bulan, tetapi “m” memastikan bahwa itu hanya menampilkan bulan. Fungsi terakhir menghitung perbedaan bulan dan hari tanpa tahun dan menunjukkan tanggal dengan “d.”

Jika Anda ingin menghitung berapa usia seseorang pada tanggal tertentu, baik di masa lalu atau di masa depan, maka ubah rumusnya menjadi =DATEDIF(XX, “MM/DD/YYYY,” “Y”)

Jika Anda ingin menghitung berapa usia seseorang pada tanggal tertentu, baik di masa lalu atau di masa depan, maka ubah rumusnya menjadi =DATEDIF(XX, “MM/DD/YYYY,” “Y”)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *