Masalah Samsung Galaxy Z Flip 3 dan cara memperbaikinya

Samsung telah membuat perangkat lipatnya lebih baik dan lebih tahan lama di setiap generasi. Perangkat lipat juga sekarang lebih terjangkau, dengan Galaxy Z Flip 3, khususnya, dengan harga seperti flagship 2021 lainnya. Sama seperti smartphone lainnya, Galaxy Z Flip 3 bukannya tanpa masalah. Berikut adalah beberapa masalah umum Samsung Galaxy Z Flip 3 dan solusi potensial tentang cara memperbaikinya.

Putusan kami: Ulasan Samsung Galaxy Z Flip 3


Masalah #1: Tampilan lipatan/retak di sepanjang lipatan

Samsung Galaxy Z Flip 3 setengah flip dengan kamera aktif

Dhruv Bhutani / Otoritas Android

Samsung Galaxy Z Flip 3 cukup tahan lama. Ini telah bertahan lebih dari 400.000 kali lipat dalam uji daya tahan intensif, dan kami menemukan ponsel ini dibuat dengan baik dalam ulasan kami. Sayangnya, tidak semua orang berbagi pengalaman yang sama. Banyak pemilik Galaxy Z Flip 3 mengeluh tentang tampilan ponsel yang retak atau kusut di sepanjang flip.

Solusi potensial:

  • Jika Anda melihat retakan pada layar di sepanjang flip, satu-satunya pilihan adalah memperbaiki layar. Jika layar retak, Anda akan melihat bilah abu-abu di flip, dan bercak hitam mungkin mulai muncul di layar. Lebih mudah jika ponsel dalam masa garansi dan jika Anda memiliki Samsung Care Plus. Namun, tidak sedikit pengguna yang mengatakan bahwa Samsung menolak klaim garansi mereka, dengan mengatakan bahwa retakan tersebut disebabkan karena kerusakan fisik pada ponsel oleh pengguna.
  • Masalah lipatan layar Galaxy Z Flip 3 lebih mudah dipecahkan. Pelindung layar menyebabkan kerutan atau gelembung di sepanjang lipatan. Akan lebih baik jika Anda tetap membawa ponsel ke pusat layanan resmi untuk mengganti pelindung layar. Pengguna yang lebih berani telah melepas dan mengganti pelindung layar, tetapi ingat bahwa ini akan membatalkan garansi Anda.

Masalah #2: Pemberitahuan hantu dan getaran hantu

Samsung Galaxy Z Flip 3 dibuka dengan layar beranda

Eric Zeman / Otoritas Android

Beberapa pemilik Z Flip 3 mengatakan bahwa ponsel bergetar secara acak (saat dibungkam) atau memberikan peringatan notifikasi, meskipun mereka belum menerima notifikasi baru. Beberapa juga melihat titik notifikasi oranye di layar sampul tetapi tidak melihat sesuatu yang baru.

Solusi potensial:

  • Ini bisa menjadi masalah dengan Pengingat Pemberitahuan pengaturan. Ini adalah pengaturan aksesibilitas yang mengirimkan peringatan setiap lima menit hingga pemberitahuan dicentang atau ditutup. Fitur tersebut mungkin memiliki bug dan dapat mengirimkan peringatan yang tidak perlu. Sampai ada perbaikan perangkat lunak, opsi terbaik adalah menonaktifkan ini. Pergi ke Pengaturan > Aksesibilitas > Pengaturan lanjutan > Pengingat notifikasi dan nonaktifkan (matikan).
  • Anda dapat melihat aplikasi apa yang telah mengirim notifikasi dengan membuka Pengaturan > Pemberitahuan. Periksa apakah ada aplikasi yang menunjukkan bahwa mereka mengirim pemberitahuan, tetapi Anda tidak melihatnya di layar sampul.
  • Periksa apakah masalah tetap ada dalam Safe Mode. Jika tidak, aplikasi jahat mungkin menyebabkan masalah. Hapus semua aplikasi yang baru saja diinstal atau diperbarui dan lihat apakah masalahnya hilang.

Masalah # 3: Kesalahan “Panel Kontrol tidak berfungsi”

Samsung Galaxy Flip 3 dengan profil kiri AA

Eric Zeman / Otoritas Android

Beberapa pengguna mengalami kesalahan “Panel Kontrol tidak berfungsi” saat mencoba menggunakan aplikasi dalam mode Flex yang memungkinkan Anda menggunakan ponsel saat disangga pada sudut yang tepat.

Solusi potensial:

  • Kesalahan muncul saat aplikasi tidak berfungsi dengan baik dengan mode Flex. Anda dapat memeriksa aplikasi mana yang diaktifkan dengan membuka Pengaturan > Fitur lanjutan > Lab > Panel mode fleksibel dan menghapus aplikasi dari daftar yang menyebabkan masalah.

Masalah #4: “Subjek: Tidak ada subjek” muncul di header teks MMS/grup

Samsung Galaxy Z Flip 3 dibuka di sofa

Eric Zeman / Otoritas Android

Kesalahan header telah memengaruhi berbagai ponsel Samsung, terutama jika Anda menggunakan jaringan T-Mobile. Tampaknya datang dan pergi dengan pembaruan untuk aplikasi Samsung Messages.

Solusi potensial:

  • Masalah muncul dengan aplikasi Samsung Messages yang menambahkan baris secara otomatis di MMS atau pesan teks grup. Anda tidak akan melihat masalah ini dengan aplikasi perpesanan lain, sehingga Anda dapat beralih ke Google Pesan atau aplikasi pihak ketiga lainnya di Google Play Store. Satu-satunya pilihan adalah menunggu pembaruan perangkat lunak.

Masalah #5: Membekukan dan mem-boot ulang

Samsung Galaxy Z Flip 3 gaya tenda di sofa

Eric Zeman / Otoritas Android

Beberapa pengguna mengatakan bahwa ponsel cenderung membeku dan secara otomatis reboot. Ini biasanya terjadi ketika perangkat terlalu panas, bahkan dengan penggunaan biasa.

Solusi potensial:

  • Jika Z Flip 3 Anda membeku dan secara otomatis memulai ulang tanpa ponsel terlalu panas, aplikasi jahat kemungkinan penyebabnya. Boot telepon ke Safe Mode dan lihat apakah masalahnya tetap ada. Jika tidak, hapus aplikasi yang baru saja diinstal atau diperbarui dan lihat apakah masalahnya hilang.
  • Coba bersihkan partisi cache untuk melihat apakah masalahnya hilang.
  • Hanya pembaruan perangkat lunak yang dapat membantu perangkat menjadi terlalu panas. Sampai saat itu, pastikan Anda menutup semua aplikasi latar belakang dan melepas casing ponsel jika Anda berencana untuk bermain game atau menggunakan kamera.

Masalah # 6: Masalah Android Auto

Aplikasi Android Auto

Adam Birney / Otoritas Android

Seperti kebanyakan smartphone, Samsung Galaxy Z Flip 3 tidak asing dengan masalah Android Auto.

Solusi potensial:

  • Penyebab paling umum dari masalah Android Auto adalah karena cara telepon diatur. Jika Anda telah menggunakan aplikasi Smart Switch Samsung untuk mengatur ponsel baru Anda, beberapa pengaturan mungkin tidak terbawa dengan benar dan menimbulkan masalah pada perangkat baru. Temukan aplikasi di Google Play Store dan copot pemasangannya. Itu tidak akan sepenuhnya dihapus karena ini adalah aplikasi sistem sekarang. Ketuk Memperbarui dan pasang kembali. Pergi ke Setelan > Aplikasi > Android Auto > Penyimpanan dan ketuk Kosongkan penyimpanan dan Hapus cache.
  • Beberapa pemilik Galaxy Z Flip 3 mengatakan bahwa masalah Android Auto mereka disebabkan oleh kabel yang tidak kompatibel. Beberapa kabel pihak ketiga yang murah hanya berfungsi untuk mengisi daya, tetapi Anda memerlukan kabel yang memungkinkan transfer data. Opsi terbaik adalah mendapatkan kabel USB-A ke USB-C Samsung atau kabel USB-C ke USB-C. Ada beberapa kabel pihak ketiga yang layak dipertimbangkan juga.

Masalah yang tidak memiliki solusi dan memerlukan pembaruan atau penggantian perangkat lunak

Samsung Galaxy Z Flip 3 di tangan menunjukkan tampilan sampul

Dhruv Bhutani / Otoritas Android

Beberapa masalah Samsung Galaxy Z Flip 3 tidak memiliki solusi sederhana yang tersedia. Jika Anda menghadapi masalah lain, jangan lupa untuk melaporkan masalah tersebut ke Samsung. Buka aplikasi Samsung Members dan buka Dapatkan bantuan > Kirim masukan > Laporan kesalahan.

  • “Ketuk untuk membangunkan” tidak berfungsi di layar sampul: Beberapa pengguna mengatakan bahwa fitur tap-to-wake tidak berfungsi seperti yang diharapkan di layar sampul. Anda dapat memeriksa pengaturan tampilan ponsel yang selalu aktif, dan pengguna mengatakan bahwa memulai ulang memperbaiki masalah untuk sementara.
  • Mikrofon tidak berfungsi dengan beberapa aplikasi: Pengguna menemukan bahwa mikrofon ponsel tidak berfungsi dengan aplikasi tertentu seperti WhatsApp. Mikrofon tampaknya berfungsi dengan aplikasi kamera dan lainnya. Ini bisa menjadi masalah izin. Pergi ke Pengaturan > Aplikasi > (temukan aplikasinya) > Izin aplikasi dan pastikan aplikasi yang bermasalah memiliki izin mikrofon aktif. Namun, pengaturan izin tidak menjadi masalah bagi sebagian besar pengguna.
  • Ikon aplikasi hilang dari layar beranda: Banyak pemilik ponsel Samsung mengatakan bahwa ikon aplikasi hilang dari halaman beranda dan laci aplikasi. Aplikasi diinstal di ponsel dan dapat diakses dengan membuka halaman aplikasi di Google Play Store dan memilih Membuka. Masalah ini tampaknya memengaruhi semua pengguna ponsel Samsung yang menggunakan peluncur pihak ketiga. Pengguna mengatakan bahwa kembali ke peluncur One UI default telepon memperbaiki masalah.
  • Aplikasi jam/alarm tidak berfungsi: Pengguna AZ Flip 3 mengatakan bahwa ponsel mereka hanya bergetar selama alarm, bukan berdering. Mereka tidak dapat mereplikasi masalah saat menguji aplikasi jam dengan menyetel alarm beberapa menit kemudian. Ini bisa menjadi masalah penghemat baterai. Pastikan aplikasi jam ponsel tidak ada dalam daftar masa pakai baterai yang dioptimalkan.
  • Panggilan tidak melalui: Beberapa pengguna mengatakan bahwa telepon sepertinya tidak dapat melakukan panggilan. Panggilan langsung terputus saat memanggil nomor lain, meskipun telepon menunjukkan jaringan tersedia. Beberapa pengguna T-Mobile dan Verizon mengeluhkan masalah ini.
  • Kecepatan Wi-Fi lambat di jaringan 5Ghz: Beberapa pemilik Z Flip 3 mengatakan bahwa kecepatan koneksi data tampak lebih lambat di ponsel mereka daripada di perangkat lain di jaringan yang sama.

Panduan — Boot ke Safe Mode, hapus partisi cache, Reset Pabrik

Samsung Galaxy Z Flip 3 dilipat menunjukkan port dan tombol

Ryan Haines / Otoritas Android

Catatan: Anda harus mencolokkan ponsel Anda ke PC terlebih dahulu untuk masuk ke menu pemulihan untuk mengatur ulang perangkat ke setelan pabrik atau menghapus partisi cache.

Boot ke Safe Mode

Jika telepon dimatikan

  • Tekan dan tahan tombol samping hingga logo Samsung muncul di layar.
  • Satu kali Samsung muncul, dan perangkat bergetar, lepaskan tombol samping dan segera tekan dan tahan tombol volume bawah.
  • Tunggu sampai telepon restart.
  • Lepaskan tombol volume turun saat Anda melihat Mode aman di sudut kiri bawah layar.

Jika telepon aktif

  • Jika Anda telah mengatur tombol samping untuk berfungsi sebagai tombol daya, tekan dan tahan hingga opsi daya muncul. Jika tombol samping diatur ke Bixby, tekan dan tahan tombol samping dan tombol volume bawah.
  • Ketuk dan tahan Matikan pilihan sampai Anda melihat Mode aman.

Reset pabrik

  • Tekan dan tahan tombol volume atas dan tombol samping.
  • Lepaskan tombol samping setelah telepon menyala, tetapi tetap tahan tombol volume atas.
  • Gunakan tombol volume bawah untuk menavigasi ke Hapus data / reset pabrik dan tekan tombol samping untuk konfirmasi.
  • Pilih Ya hapus semua data pengguna pengaturan.
  • Setelah reset selesai, tekan tombol samping untuk memilih Mulai ulang sistem sekarang.

Hapus partisi cache

  • Tekan dan tahan tombol volume atas dan tombol samping.
  • Lepaskan tombol samping setelah telepon menyala, tetapi tetap tahan tombol volume atas.
  • Gunakan tombol volume bawah untuk menavigasi ke Hapus partisi cache pilihan dan tekan tombol samping untuk konfirmasi.
  • Nyalakan ulang ponsel setelah selesai.

Mengalami masalah Samsung Galaxy Z Flip 3 lainnya? Pastikan untuk memberi tahu kami di komentar di bawah. Kami akan melakukan yang terbaik untuk membantu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *