Haruskah Apple M2 iPad mengkhawatirkan kerumunan Tablet Pixel?

Makro logo Apple iPhone

Robert Triggs / Otoritas Android

Apple terus maju dengan upaya silikon kustomnya, mengumumkan chipset Apple M2 generasi berikutnya di WWDC 2022. Meskipun awalnya menuju ke MacBook Air dan MacBook Pro baru, itu pasti tidak akan lama sampai iPad Pro dan iPad Pro bertenaga M2. iPad Air juga tiba. Model iPad Pro baru dikabarkan akan diluncurkan segera pada musim gugur 2022, meskipun mungkin tidak tersedia untuk dibeli sampai nanti.

Apple memperluas keunggulan kinerjanya

Panel belakang Apple iPad 2021 menampilkan logo Apple

Eric Zeman / Otoritas Android

Dengan CPU 18% lebih cepat, bandwidth memori 50% lebih banyak, dan GPU 10-core baru dengan kinerja hingga 35% lebih banyak daripada pendahulunya Apple M1, M2 tampil mampu kinerja kelas desktop dengan konsumsi daya yang lebih kecil. Disuling menjadi faktor bentuk tablet, kami melihat potensi pekerja keras dan game yang tak tertandingi, bahkan jika chip ternyata sedikit lebih lambat daripada yang ditemukan di MacBook Pro baru. Meskipun membuka kunci produktivitas tingkat PC dari iPadOS adalah cerita yang berbeda, setidaknya untuk saat ini.

Pilihan kami: Tablet terbaik yang bisa Anda beli

Sayangnya, tidak ada chipset berbasis Arm kelas desktop yang setara yang tersedia saat ini yang dapat memberikan kinerja kompetitif untuk Tablet Pixel. Chipset Google Tensor generasi pertama jelas lebih lambat daripada chip unggulan smartphone terbaik, apalagi produk desktop. Bahkan Tensor generasi kedua, yang diharapkan hadir dengan Pixel 7, sepertinya tidak akan menutup celah secara berarti, karena Arm Cortex-X2 dan A710 terbaru adalah kelas seluler, bukan desktop, dan sudah berada di belakang kemampuan Apple. .

Google dapat meningkatkan chipset Tensor 2 yang akan datang, tetapi mengejar Apple tetap tidak dapat dicapai pada tahap ini.

Tentu saja, ada kemungkinan bahwa Google dapat membuat chip yang sedikit lebih khusus untuk tabletnya. Meningkatkan jumlah CPU yang besar dan beralih ke pengaturan GPU yang lebih besar akan membantu meningkatkan kinerja di luar kemampuan seluler, tetapi mengejar Apple tetap tidak dapat dicapai pada tahap ini. Ada kemungkinan luar bahwa inti CPU dan GPU Arm baru diharapkan tahun ini dapat sedikit menutup celah, tetapi tidak diketahui apakah Google akan dapat memanfaatkannya tepat waktu.

Di luar chip khusus, Google mempertahankan opsi untuk membeli dari Qualcomm. Namun, Snapdragon 8cx Gen 3 kelas PC menargetkan lebih banyak kinerja kelas menengah daripada chip desktop kelas atas. Hasil dari upaya CPU kustom Nuvia Qualcomm tidak diharapkan sampai akhir tahun 2023, dan chip pertama dikatakan untuk Windows daripada mesin Android.

Baca lebih banyak: Rumor dan ekspektasi Google Tensor 2

Pixel Tablet — lebih dari sekadar performa mentah

SoC Google Tensor

Kekuatan bukanlah segalanya, tetapi tidak dapat disangkal bahwa iPad bertenaga M2 akan mengemas potensi besar untuk kreativitas dan kasus penggunaan game. Kecil kemungkinan Tablet Pixel mampu menandingi kinerja mentah iPad generasi berikutnya, tetapi mungkin itu tidak terlalu penting?

Fokus Google adalah, dan telah berlangsung selama beberapa tahun, untuk menciptakan fitur-fitur khusus yang didukung oleh pembelajaran mesin, mulai dari Asisten Google hingga penyempurnaan foto dan terjemahan bahasa secara real-time. Ini terikat untuk fitur di tablet yang akan datang, menawarkan kasus penggunaan dan fitur yang tidak dapat ditiru oleh iPad. Google mencapai ini dengan seri Pixel 6 dengan mengemas prosesor Tensornya dengan banyak silikon pembelajaran mesin khusus dan hampir pasti akan melakukan hal yang sama jika membuat chip di dalam Tablet Pixel. Sayangnya, kami tidak tahu persis bagaimana perbandingan kinerja antara TPU Google dan Mesin Neural 16-core baru Apple di M2. Namun, kemungkinan silikon Google saat ini yang dibuat untuk ponsel sudah sangat kompetitif, dan iterasi di masa depan dapat melampaui Apple.

Performa yang luar biasa terbuang sia-sia di tablet dan Google mungkin mendapatkan keunggulan dalam kasus penggunaan pembelajaran mesin.

Ada kasus penggunaan potensial lainnya yang dapat membantu Tablet Pixel menemukan ceruk untuk disebut miliknya. Desas-desus menunjukkan bahwa Tablet Pixel dapat berlipat ganda karena tampilan pintar Google telah dikabarkan akan bekerja selama beberapa waktu. Jika benar, kami akan melihat tablet melalui konteks yang sangat berbeda. Performa bleeding edge tidak terlalu penting untuk perangkat yang ditargetkan terutama sebagai menonton video dan hub rumah pintar. Tidak lupa bahwa Android 13, yang pasti akan dijalankan oleh Tablet Pixel, juga tidak akan memberikan pengalaman seperti desktop.

Terkait: Tablet Pixel bisa menjadi masa depan tampilan rumah pintar

Harga akan sangat berarti juga, jelas. Mudah-mudahan, Tablet Pixel Google akan lebih murah daripada iPad Pro seharga $799, dalam hal ini kedua tablet tidak akan bersaing untuk pasar yang sama. Setidaknya tidak sampai iPad Air yang dilengkapi dengan M2 dengan harga lebih kompetitif akhirnya datang.

Apakah tablet memerlukan chip tingkat laptop?

Tablet Google IO 2022 piksel

Performa kelas atas mendorong berita utama tetapi apakah itu sangat penting dalam faktor bentuk tablet? Saya tidak akan bertaruh. Setidaknya tidak sampai tablet menggunakan fitur sistem operasi yang diperlukan untuk multitasking kelas desktop dan aplikasi yang dapat memanfaatkannya. Stage Manager baru Apple untuk iPadOS masih belum menangkap potensi multitasking penuh dari chipset M1 iPad Pro 2021, misalnya.

Kekuatan M2 Apple mungkin terdengar hebat, tetapi iPad masih belum dapat memanfaatkannya sepenuhnya. Google dan Tablet Pixel tidak perlu terlalu khawatir.

Sayangnya, tablet masih, dengan putus asa, terjebak di antara fokus portabilitas smartphone dan faktor bentuk laptop yang lebih besar, tetapi tanpa melakukan keduanya sebaik rekan-rekan mereka yang berdedikasi. Sementara kekuatan M2 itu mungkin terdengar hebat di atas kertas, itu jauh di belakang apa yang dapat digunakan iPad Apple dalam kondisi mereka saat ini. Dalam hal itu, Google dan mereka yang menantikan Tablet Pixel tidak perlu terlalu khawatir jika mereka tidak dapat menandingi potensi kinerja di atas kertas yang sama.

Sudut pandang yang berbeda: IPad Air meyakinkan saya bahwa dunia pasca-PC hampir tiba

Yang mengatakan, tidak ada ruang untuk berpuas diri. Dengan kekuatan komputasi Arm membuat terobosan di ekosistem Apple dan Microsoft, mungkin tidak akan lama sampai konsumen mulai menuntut tablet mereka menjembatani kesenjangan menjadi beban kerja PC. Microsoft telah melihat tulisan di dinding dengan jajaran Surface-nya. Perusahaan pertama dengan OS, chipset, dan perangkat keras tablet yang tangguh dapat menjadi pemimpin dalam ruang tablet yang dihidupkan kembali secara bertahap.

Apakah menurut Anda iPad M2 adalah berita buruk untuk Tablet Pixel?

67 suara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *