Masalah Asus ROG Phone 5/5S dan cara memperbaikinya

Asus ROG Phone 5 dan 5S adalah salah satu ponsel terbaik untuk para gamer. Mereka tidak hanya melihat bagiannya, tetapi juga dikemas dengan fitur yang menjadikannya perangkat game genggam yang fantastis. Saat Anda tidak bermain game, keduanya adalah smartphone Android yang luar biasa. Tidak ada yang sempurna, dan flagships Asus memiliki masalah yang adil. Kami melihat beberapa masalah umum Asus ROG Phone 5 dan 5S dan cara memperbaikinya.

Putusan kami: Ulasan Asus ROG Phone 5


Masalah #1: Kegagalan motherboard dan masalah perangkat keras lainnya

Asus ROG Phone bagian belakang perangkat pada suatu sudut

Ryan-Thomas Shaw / Otoritas Android

Sebagai ponsel gaming, Asus ROG Phone 5 dan 5S dapat menangani hampir semua hal. Kegagalan perangkat keras yang disayangkan, bagaimanapun, telah menyebabkan banyak masalah bagi pemilik. Pemilik ROG Phone 5 menghadapi berbagai masalah karena motherboard yang rusak. Satu-satunya solusi adalah memperbaiki atau mengganti telepon. Tetapi daftar di bawah ini akan memberi Anda gambaran bahwa jika langkah pemecahan masalah standar (Safe Mode, wipe cache, dll.) tidak berhasil, mungkin itu masalah perangkat keras.

  • Telepon tidak menyala (masalah motherboard): Anda tahu itu adalah kegagalan motherboard ketika telepon benar-benar mati dan tidak mau hidup. Bagi sebagian besar pengguna, telepon tidak menyala berarti mereka harus mengganti motherboard. Anda dapat mencoba mencolokkan telepon ke pengisi daya dan melakukan soft reset (tekan dan tahan tombol daya dan tombol volume bawah hingga telepon dihidupkan ulang).
  • Telepon tidak menyala (masalah perangkat eksternal): Untuk beberapa pengguna, lampiran kipas AeroActive menyebabkan ponsel mati dan mati. Dalam hal ini, lepaskan aksesori, colokkan telepon untuk mengisi daya, dan lakukan soft reset setelah 30 menit untuk menghidupkan ulang telepon.
  • Speaker bawah mengeluarkan suara atau tidak berfungsi: Pemilik Rog Phone 5 mengatakan bahwa masalah yang mereka hadapi dengan speaker bawah ponsel tidak berfungsi atau mengeluarkan suara aneh berkaitan dengan kegagalan motherboard. Bagi sebagian pengguna, panas yang dihasilkan dari game yang berlebihan tampaknya juga menyebabkan speaker pecah.
  • Pemicu udara tidak berfungsi: Pemicu udara telepon adalah perangkat keras lain yang tampaknya berhenti bekerja ketika motherboard gagal.
  • Kartu SIM tidak dikenali: Beberapa pengguna tiba-tiba kehilangan konektivitas jaringan seluler, dan telepon tidak lagi mengenali kartu SIM. Untuk beberapa pengguna, ini terjadi ketika mereka beralih dari ROM Cina ke ROM global. Bagi yang lain, ini terjadi karena koneksi yang longgar di perangkat keras internal.
  • Pemindai sidik jari menghilang: Jika Anda tidak melihat pemindai sidik jari sebagai opsi buka kunci lagi, itu karena koneksi yang longgar di bawah kap mesin.

Masalah #2: Masalah sensitivitas sentuhan

Asus ROG Phone 5 Game Genie dalam Real Racing 3

Ryan-Thomas Shaw / Otoritas Android

Sudah umum bagi pemilik ROG Phone 5 untuk memiliki masalah sensitivitas sentuhan, mengingat betapa pentingnya waktu reaksi dengan banyak game. Berikut adalah beberapa cara Anda dapat membuat perubahan pada pengaturan sensitivitas sentuhan telepon.

Solusi potensial:

  • Jika Anda telah menerapkan pelindung layar atau ingin secara umum meningkatkan sensitivitas sentuhan ponsel, buka Pengaturan > Lanjutan dan aktifkan Modus sarung tangan.
  • Menggunakan aplikasi Armory Crate, Anda juga dapat membuat perubahan sensitivitas sentuhan khusus game. Untuk pengaturan perangkat umum, buka Menghibur panel. Anda dapat memilih antara mode permainan prasetel yang berbeda seperti Mode X, Dinamis, dan Ultra Tahan Lama, yang menawarkan tingkat sensitivitas sentuhan yang berbeda. Anda juga dapat memilih Canggihketuk Sunting, dan atur tingkat sensitivitas sesuai kebutuhan Anda. Anda juga dapat membuat perubahan ini khusus untuk game. Ketuk game di Perpustakaan, buka Menyentuh tab, dan sesuaikan pengaturan sensitivitas.

Masalah #3: Masalah pemberitahuan push

Asus ROG Phone 5 menutup bagian atas layar beranda

Ryan-Thomas Shaw / Otoritas Android

Beberapa pemilik ROG 5S mengatakan bahwa mereka tidak menerima pemberitahuan push di ponsel mereka dan hanya dapat melihatnya setelah membuka aplikasi. Keluhan terbesar ada pada aplikasi Gmail, tetapi pengguna juga menghadapi masalah ini dengan aplikasi lain.

Solusi potensial:

  • Pergi ke Pengaturan > Lanjutan > Manajer Seluler. Pergi ke Mulai otomatis pengaturan dan memastikan bahwa aplikasi yang bermasalah diaktifkan. Anda juga dapat menonaktifkan aplikasi di Sangat bersih daftar jika Anda mengaktifkan mode Super clean. Tergantung pada versi perangkat lunak ponsel Anda, Anda juga dapat menemukan pengaturan mulai otomatis ponsel dengan membuka Pengaturan > Baterai > Pengelola mulai otomatis.
  • Pergi ke Pengaturan > Baterai > Pengoptimalan bateraiketuk aplikasi bermasalah, dan pilih Jangan optimalkan.

Masalah # 4: PC tidak mengenali telepon

Asus ROG Phone 5 bagian bawah perangkat menunjukkan port

Ryan-Thomas Shaw / Otoritas Android

Beberapa pengguna mengatakan bahwa PC mereka tidak mengenali telepon saat dicolokkan, dan mereka tidak dapat mentransfer file antar perangkat.

Solusi potensial:

  • Anda harus mengaktifkan mode debugging USB di opsi Pengembang. Jika Anda tidak mengaktifkan menu tersembunyi, buka Pengaturan > Sistem > Tentang ponsel > Versi perangkat lunak dan ketuk Nomor pembuatan tujuh kali atau sampai Anda melihat pesan yang mengatakan, “Anda sekarang adalah pengembang.” Sekarang pergi ke Pengaturan > Sistem > Opsi pengembang dan aktifkan USB debugging.
  • Beberapa kabel pihak ketiga yang murah hanya dapat digunakan untuk mengisi daya telepon dan tidak mendukung transfer data. Pilihan terbaik adalah menggunakan kabel yang Anda dapatkan dengan telepon. Anda juga harus mempertimbangkan kabel pihak ketiga yang luar biasa ini.
  • Ponsel Anda akan mendeteksi saat Anda menghubungkannya ke PC untuk mentransfer file. Jika tidak beralih secara otomatis, buka panel notifikasi, ketuk pengaturan koneksi USB, dan pilih opsi untuk Transfer data.

Masalah #5: Port pengisian samping tidak berfungsi

Asus ROG Phone 5 sisi kiri perangkat

Ryan-Thomas Shaw / Otoritas Android

Beberapa pengguna mengatakan bahwa mereka tidak dapat mengisi daya ponsel menggunakan port pengisian samping, bahkan dengan pengisi daya dan kabel resmi.

Solusi potensial:

  • Pengguna mengatakan bahwa mengaktifkan mode debugging USB memperbaiki masalah. Anda harus mengaktifkan mode pengembang terlebih dahulu. Pergi ke Pengaturan > Sistem > Tentang ponsel > Versi perangkat lunak dan ketuk Nomor pembuatan tujuh kali atau sampai Anda melihat pesan yang mengatakan, “Anda sekarang adalah pengembang.” Sekarang pergi ke Pengaturan > Sistem > Opsi pengembang dan aktifkan USB debugging.

Masalah #6: Restart acak

Layar beranda Asus ROG Phone 5 miring

Ryan-Thomas Shaw / Otoritas Android

Cukup banyak pengguna yang menghadapi masalah dengan Asus ROG Phone 5 dan 5S mereka secara otomatis dan reboot secara acak bahkan dengan penggunaan biasa.

Solusi potensial:

  • Aplikasi jahat bisa jadi penyebabnya. Periksa apakah masalah tetap ada dalam mode Aman (Anda akan menemukan petunjuk di bawah). Jika tidak, hapus aplikasi yang baru saja diinstal atau diperbarui dan lihat apakah masalahnya hilang. Anda juga dapat pergi ke Setelan > Lanjutan > Manajer seluler dan bersihkan cache aplikasi.
  • Ponsel ini memungkinkan Anda mengunduh dan menginstal tema dinamis dari toko Tema bawaan. Beberapa pengguna menemukan bahwa tema berhenti berfungsi seperti yang diharapkan setelah pembaruan perangkat lunak baru-baru ini dan menyebabkan reboot acak. Menghapus dan menginstal ulang tema tampaknya berhasil.

Masalah #7: Getaran tidak berfungsi

Asus ROG Phone 5 belakang ponsel dari sisi kiri

Ryan-Thomas Shaw / Otoritas Android

Beberapa pengguna mengatakan telepon tidak bergetar ketika menerima pemberitahuan dan peringatan.

Solusi potensial:

  • Glitch ini memiliki perbaikan yang mudah. Nyalakan ulang telepon. Pergi ke Pengaturan > Suara dan getaran dan sesuaikan kontrol volume hingga masuk ke mode getar. Matikan dan hidupkan Sentuh getaran. Anda juga dapat menyesuaikan intensitas getaran di menu ini.

Masalah yang memerlukan pembaruan perangkat lunak

Konsol Asus ROG Phone 5 di dalam Armor Crate

Ryan-Thomas Shaw / Otoritas Android

Asus ROG Phone 5 dan 5S memiliki beberapa masalah yang tidak memiliki solusi saat ini, dan satu-satunya pilihan adalah menunggu pembaruan perangkat lunak.

  • Android 12 memiliki banyak bug: Beberapa pengguna mengalami pengalaman yang sangat bermasalah dengan pembaruan Android 12 yang diluncurkan pada Maret 2022. Asus telah mengirimkan beberapa pembaruan sejak itu untuk membuat segalanya lebih baik. Buka halaman pembaruan Asus dan temukan pembaruan mulai 16 Maret 2022, yang mengatakan Versi Android 12 hingga Android 11. Bergantung pada versi perangkat lunak Anda, Anda dapat memutar kembali ke Android 11 jika Anda mau. Ingatlah bahwa Anda mungkin tidak dapat memutar kembali perangkat lunak setelah pembaruan tertentu.
  • Pengisian lambat: Bahkan saat menggunakan pengisi daya 65W, pengguna mengatakan bahwa ponsel membutuhkan waktu yang sangat lama untuk mengisi daya, meskipun mengatakan “hypercharging65.”
  • Wi-Fi lebih lambat dari yang diharapkan: Pengguna mengatakan kecepatan koneksi Wi-Fi sangat lambat setelah pembaruan Android 12. Bagi sebagian orang, memutar kembali ke Android 11 tampaknya memperbaiki masalah. Sampai perbaikan permanen tersedia, mengalihkan router ke bandwidth 20MHz juga berfungsi.

Panduan — Cara mengkonfigurasi ulang pemicu udara

Pengaturan Pemicu Udara Asus ROG Phone 5 dalam Game Genie

Ryan-Thomas Shaw / Otoritas Android

Jika Anda tidak mengonfigurasi pemicu udara ponsel selama fase penyiapan atau ingin membuat perubahan, buka Pengaturan > Lanjutan > Pemicu udara dan mengubah tingkat kekuatan pemerasan.


Panduan — Boot ke mode Aman, Reset pabrik

Asus ROG Phone 5 Ultimate Edition bagian bawah ponsel close up

Ryan-Thomas Shaw / Otoritas Android

Boot ke Safe Mode

Jika telepon dimatikan

  • Tekan dan tahan tombol power hingga muncul logo Asus.
  • Saat logo muncul, lepaskan tombol daya dan segera tekan dan tahan tombol volume bawah hingga layar beranda muncul.
  • Mencari Mode aman di sudut kiri bawah layar.

Jika telepon aktif

  • Tekan dan tahan tombol daya hingga Anda melihat opsi daya.
  • Ketuk dan tahan Matikan pilihan sampai Anda melihat Mode aman.

Reset pabrik

  • Tekan dan tahan tombol volume atas dan tombol daya secara bersamaan.
  • Saat perangkat bergetar, lepaskan hanya tombol daya (terus tahan tombol volume atas) hingga Anda melihat mode Fastboot.
  • Gunakan tombol volume bawah untuk pergi ke Mode pemulihan.
  • Kemudian gunakan tombol volume untuk menavigasi ke Hapus data / reset pabrik dan gunakan tombol daya untuk mengonfirmasi.
  • Pilih Ya untuk mengkonfirmasi pilihan Anda.
  • Setelah reset selesai, tekan tombol daya untuk memilih Mulai ulang sistem sekarang.

Apakah Anda mengalami masalah Asus ROG Phone 5 dan 5S lainnya? Beri tahu kami di komentar di bawah, dan kami akan melakukan yang terbaik untuk membantu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *