Apa itu Twitch dan apa bedanya dengan YouTube?

Bermain game saja tidak pernah semenyenangkan berbagi pengalaman dengan orang lain. Bahkan orang gila permainan yang digerakkan oleh narasi yang berfokus sepenuhnya pada dunia game selama delapan jam bermain tahu ada sesuatu yang ajaib tentang berbagi dunia itu dengan orang lain. Sebagai streamer, Twitch memungkinkan Anda untuk berbagi kejadian terkini dengan audiens global langsung kapan saja. Sebagai penonton, Anda memiliki banyak pilihan untuk mendukung streamer favorit Anda melalui berlangganan atau menyumbang. Baik Anda ingin mulai menghasilkan uang sebagai gamer atau sekadar berbagi pengalaman bermain game dengan audiens, mari kita bahas apa itu Twitch dan cara kerjanya.

BACA SELENGKAPNYA: Apa itu Twitch Turbo dan apa bedanya dengan Twitch Prime?

JAWABAN SINGKAT

Sejak diluncurkan pada tahun 2011, Twitch telah memantapkan dirinya sebagai platform streaming langsung online untuk bermain game, serta hiburan umum, olahraga, musik, dan banyak lagi. Baik Anda ingin melakukan streaming atau melihat streaming orang lain di Twitch, Anda dapat mengakses platform dari perangkat seluler Anda (aplikasi Android dan iOS) atau komputer Anda (Twitch.tv).


BAGIAN KUNCI

Apa itu Twitch, dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Twitch adalah salah satu layanan streaming langsung online terkemuka di dunia. Dikenal terutama untuk aliran game, banyak pengguna memilih untuk membagikan gameplay langsung mereka secara publik di Twitch. Yang lain memutuskan untuk mengalirkan kategori konten lain, seperti produksi musik, seni, dan bahkan aliran “Hanya Mengobrol”, di mana streamer memilih untuk tampil di depan audiens mereka dan terlibat dalam percakapan dengan mereka.

Livestreaming adalah ketika seseorang menyiarkan konten secara real-time ke audiens. Anggap saja sebagai pertunjukan langsung, tetapi Anda menonton semuanya terjadi secara online dari sumber seperti Twitch.

kesalahan masukan legendaris oleh MoistCr1tikal

Curtis Joe / Otoritas Android

“Itu salah masukan.”

Streamer memiliki banyak kebebasan tentang cara mereka mengatur aliran mereka. Kebanyakan streamer menggunakan webcam sehingga audiens mereka dapat melihat reaksi mereka. Menggunakan perangkat lunak streaming seperti OBS atau Streamlabs, Anda juga dapat menyiapkan hamparan khusus untuk menyesuaikan tampilan dan nuansa streaming Anda.

klip kedutan xqc 2022

Curtis Joe / Otoritas Android

Salah satu streamer Twitch paling populer, xQc.

Sebagai penonton, Anda dapat mengalami berbagai hal bersama streamer Anda. Misalnya, jika streamer memainkan game horor untuk pertama kalinya, jumpscares membuat mereka takut sama seperti mereka mengejutkan Anda.

Bagaimana Twitch berbeda dari YouTube?

Secara fungsi, kesenjangan antara Twitch dan YouTube sangat kecil. Kedua situs memungkinkan Anda untuk melakukan streaming langsung konten ke platform secara langsung melalui perangkat lunak streaming dan unggah video permanen langsung ke akun Anda. Artinya, Anda harus menjadi akun Twitch yang terverifikasi (Mitra atau Afiliasi) untuk dapat mengunggah video ke Twitch.

youtube hidup

Curtis Joe / Otoritas Android

Sejak diluncurkan pada tahun 2005, Youtube telah menjadi pusat internet untuk konten video online. Pengguna pergi ke YouTube untuk menonton video yang telah dibuat (direkam dan diedit). Pada tahun 2015, YouTube memperkenalkan fitur streaming langsungnya sendiri; namun, streaming langsung bukanlah kartu panggilan YouTube.

hidup berkedut

Curtis Joe / Otoritas Android

Berkedut berbeda dari YouTube dalam tujuan inti. Anggap saja seperti ini: Twitch tidak bisa bertahan tanpa streaming langsung, tapi bisa bertahan tanpa video permanen. YouTube tidak dapat bertahan tanpa video permanen, tetapi dapat bertahan tanpa streaming langsung. Twitch dikenal sebagai layanan streaming langsung, sedangkan YouTube dikenal dengan video.

Ya, dimungkinkan untuk melakukan streaming di Twitch dan YouTube secara bersamaan. Namun, Anda harus menggunakan program seperti Restream, Streamlabs Prime, atau MelonApp.

Twitch Prime dan Twitch Turbo

Twitch Prime dan Twitch Turbo adalah dua layanan berlangganan utama Twitch. Keduanya menawarkan manfaat mereka sendiri, tetapi ada beberapa kesamaan.

Twitch Perdana (sekarang dikenal sebagai “Prime Gaming”) hadir dengan Amazon Prime. Karena Amazon memiliki Twitch, Anda tidak perlu membayar ekstra untuk Twitch Prime jika Anda sudah menjadi pelanggan Amazon Prime.

Twitch Turbo adalah layanan berlangganan milik Twitch. Ini dibeli melalui Twitch, bukan Amazon, dan berharga $8,99 per bulan. Manfaat paling signifikan dari Twitch Turbo adalah kemampuan untuk melewati semua iklan yang diputar selama streaming.

Twitch Turbo ($8,99/bln)

  • Penayangan bebas iklan (dengan pengecualian terbatas)
  • Lencana obrolan
  • Set emote yang diperluas
  • Warna nama pengguna obrolan khusus
  • Penyimpanan siaran yang diperluas

Apa itu Mitra dan Afiliasi Twitch?

Mitra Kedutan

Mitra Kedutan biasanya adalah pembuat konten yang lebih menonjol yang memiliki pengikut tetap. Anda dapat membedakan Mitra Twitch dengan tanda centang ungu yang muncul di sebelah nama pengguna mereka.

lencana mitra

Curtis Joe / Otoritas Android

Menurut Twitch, Mitra adalah “mereka yang berkomitmen untuk streaming dan siap untuk naik level dari Afiliasi.” Sebagai Mitra Twitch, Anda dapat memperoleh penghasilan melalui monetisasi, menyesuaikan saluran, mengakses peluang khusus Mitra, dan banyak lagi.

jalan menuju mitra 1

Curtis Joe / Otoritas Android

Untuk menjadi Mitra Twitch, Anda harus mendaftar ke Program Mitra Twitch. Kelayakan untuk ini tergantung pada apakah Anda telah berhasil menyelesaikan Jalan menuju Mitra pencapaian. Anda harus “mempertahankan kriteria yang ditetapkan dalam pencapaian secara konsisten.”

Afiliasi Twitch

Program Afiliasi adalah untuk mereka yang tidak memenuhi kriteria yang lebih luas dari program Mitra Twitch. Tidak, Anda tidak akan mendapatkan tanda centang ungu sebagai Afiliasi Twitch, tetapi Anda akan dapat mengunggah video ke akun Anda dan—yang terpenting—memonetisasi konten Anda.

jalan menuju afiliasi

Curtis Joe / Otoritas Android

Untuk menjadi Afiliasi Twitch, Anda harus memenuhi (dan memelihara) Jalan menuju Afiliasi kriteria pencapaian. Ini berarti mencapai 50 pengikut, streaming selama 8 jam, streaming pada 7 hari yang berbeda, dan rata-rata 3 atau lebih pemirsa.

Kategori aliran kedutan (Tag)

Aliran kedutan dapat berisi Tag aliran, Kategori Tagdan Tag Otomatis. Ini muncul di bawah judul aliran atau game, memungkinkannya muncul dalam pencarian yang lebih umum.

contoh tag kedutan

Curtis Joe / Otoritas Android

Contoh Tag di Twitch.

Peran Tag di Twitch adalah untuk membantu membedakan aliran ke dalam kategori atau genre. Misalnya, jika Anda pergi ke perpustakaan, Anda tidak akan berharap untuk melihat ensiklopedia di bagian buku komik, bukan?

“Tag adalah detail yang dibagikan secara publik tentang konten Anda yang memungkinkan orang lain menemukan Anda dengan lebih mudah. Mereka ditampilkan di samping gambar mini video, judul streaming, dan game atau kategori kapan pun Anda melihat video di Twitch.” — Bantuan Twitch

Jika Anda membuka twitch.tv/directory, Anda dapat menelusuri aliran Twitch berdasarkan kategori. Ada juga Cari Kategori Tag bidang ketika Anda sudah memikirkan kategori aliran.

Tag berkedut

Curtis Joe / Otoritas Android

Tag Aliran dan Tag Otomatis

Tag Aliran dan Tag Otomatis muncul sebagai tombol abu-abu kecil di bawah judul aliran Twitch. Mereka menunjukkan detail kunci spesifik tentang aliran.

tag di kedutan

Curtis Joe / Otoritas Android

Pembuat dan editor saluran dapat mendaftar hingga lima Tag aliran ke aliran mereka. Selain itu, beberapa memiliki persyaratan unik.

Tag Otomatis, seperti tag “Bahasa Inggris” dalam contoh aliran xQc, secara otomatis diterapkan oleh Twitch ketika kondisi tertentu terpenuhi. Ini tidak dapat ditambahkan secara manual oleh streamer.

Kategori Tag

Twitch otomatis menambahkan Kategori Tag ke aliran berdasarkan konten aliran. Anda dapat melihat Tag Kategori di bawah game atau kategori di halaman twitch.tv/directory.

tag kategori

Curtis Joe / Otoritas Android

Kategori Tag, seperti namanya, mengkategorikan semua aliran Twitch yang sedang berlangsung. Mereka paling berguna saat mendeskripsikan game berdasarkan genre. Yang mengatakan, Tag Kategori tidak dapat ditambahkan secara manual oleh pita.


BACA SELENGKAPNYA: Cara membuat dan mengunduh klip di Twitch

FAQ

Amazon telah memiliki Twitch sejak 2014. Mereka membelinya seharga $970 juta.

Twitch, sebagai platform, gratis untuk digunakan. Streaming gratis untuk ditonton dan aplikasinya gratis untuk diunduh. Namun, jika Anda ingin berlangganan Prime Gaming atau Twitch Turbo, itu akan membutuhkan biaya. Hal yang sama berlaku dengan Twitch Bits.

Ya. Anda dapat menghasilkan uang melalui Twitch sendiri jika Anda adalah Mitra Twitch atau Afiliasi Twitch.

TwitchCon adalah konvensi tahunan yang diadakan oleh Twitch. Fokus utamanya adalah untuk memperjuangkan budaya streaming langsung, bersama dengan streaming video game dan game secara umum.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *