Cara berbagi foto di Google Foto

Setelah mengunggah konten ke akun Anda, Anda dapat membagikannya dengan orang-orang melalui Google Foto. Prosesnya cepat dan mudah; namun, beberapa opsi khusus tersedia dari dalam Google Foto yang hanya berguna dalam situasi tertentu. Ini bisa membingungkan, jadi mari kita klarifikasi dengan cepat bagaimana Anda dapat mulai berbagi foto dan video di Google Foto.

BACA SELENGKAPNYA: Cara mengunggah foto ke Foto Google

JAWABAN SINGKAT

Untuk berbagi foto dan video dari Google Foto di Android dan iOS, buka aplikasi seluler Google Foto. Tekan lama gambar atau video apa pun yang ingin Anda bagikan, dan tekan tombol Membagikan tombol di pojok kanan atas.

Untuk berbagi foto dan video dari Google Foto di komputer Anda, buka halaman web Google Foto di browser Anda. Pilih foto atau video yang ingin Anda bagikan dengan mengarahkan mouse ke atasnya dan mengklik tanda centang. Pilih Membagikan tombol di pojok kanan atas.


BAGIAN KUNCI

Google Foto memudahkan Anda berbagi satu atau beberapa foto dan video sekaligus. Karena Anda tidak perlu memindahkan banyak file di komputer Anda, dan semua konten yang akan Anda kerjakan ada di penyimpanan cloud, proses berbagi file berlangsung cepat dan dapat menempuh jarak yang jauh.

Cara berbagi foto dan video (Android dan iOS)

Cara paling alami untuk berbagi foto dan video adalah langsung dari perangkat seluler Anda. Seringkali Anda dapat membuka aplikasi media sosial seperti Instagram dan kemudian membagikan foto atau video Anda dari sana. Namun, jika Anda ingin berbagi foto tertentu dengan orang tertentu, Anda selalu memiliki opsi untuk membuka Google Foto dan membagikan foto serta video dengan cara itu.

Untuk memulai, buka aplikasi seluler Google Foto di perangkat seluler Android atau iOS Anda. Tekan lama (tekan dan tahan) foto atau video apa pun yang ingin Anda bagikan; ini akan memilihnya. Jika Anda ingin memilih lebih dari satu foto atau video, Anda dapat melanjutkan dengan mengetuk apa pun yang ingin Anda bagikan dari layar ini.

berbagi foto google dari tangkapan layar ponsel 1

Curtis Joe / Otoritas Android

Saat Anda siap untuk melanjutkan, tekan tombol Membagikan tombol di sudut kanan atas aplikasi untuk membuka Bagikan menu.

berbagi foto google dari menu berbagi tangkapan layar ponsel

Curtis Joe / Otoritas Android

Menu Bagikan dibagi menjadi dua bagian: Kirim di Foto Google dan Bagikan ke aplikasi.

Kirim di Foto Google

Bagian pertama ini didedikasikan untuk orang-orang di daftar Kontak Google Anda, mereka yang memiliki akun Google dan dapat mengakses Foto Google atas kemauan mereka sendiri.

Jika Anda memilih untuk Kirim di Foto Google, Anda akan membuka percakapan baru dengan mengirimkan penerima apa pun yang telah Anda pilih. Anggap saja hampir seperti pergi ke Facebook Messenger dan memulai obrolan baru dengan seseorang. Anda memiliki opsi untuk membuat grup dan mengirim foto dan video langsung ke banyak orang dengan Grup baruatau Anda dapat memilih satu penerima di kontak Google Anda.

Mereka akan menerima email, yang akan mengatakan “[your name] bersama [the content you selected] denganmu.” Misalnya, jika saya membagikan satu foto dengan seorang teman, mereka akan melihat pesan “Curtis Joe bersama sebuah foto denganmu.”

berbagi foto google dari email tangkapan layar ponsel

Curtis Joe / Otoritas Android

Akan ada tombol di bawah pesan yang dapat mereka klik untuk melihat konten yang dibagikan di halaman percakapan bergaya Messenger.

berbagi foto google dari halaman gaya messenger tangkapan layar ponsel

Curtis Joe / Otoritas Android

Atau, mereka dapat membuka aplikasi Google Foto dan mengetuk Membagikan tab di bagian bawah, tempat mereka dapat melihat apa yang dibagikan. Ini berfungsi mirip dengan obrolan atau percakapan Messenger, dan Anda juga dapat menghapus gambar yang dibagikan di sini.

Bagikan ke aplikasi

berbagi foto google dari tangkapan layar ponsel bagikan ke aplikasi

Curtis Joe / Otoritas Android

Bagikan ke aplikasi menempati bagian bawah menu Bagikan, dan merupakan yang paling dapat diterapkan secara universal. Di sini, Anda dapat membuat tautan ke gambar Anda dengan mengetuk Buat tautan. Anda dapat membagikan tautan ini dengan siapa pun, dan apakah mereka memiliki akun Google atau tidak, mereka akan dapat melihat konten yang Anda pilih.

Anda juga dapat berbagi foto dan video secara langsung dengan aplikasi media sosial lainnya. Ini termasuk Instagram, WhatsApp, Twitter, Facebook, dan banyak lagi. Anda bahkan dapat mengirim gambar dan video dari Google Foto ke pesan langsung orang-orang di aplikasi media sosial lain dari sini.

Cara berbagi foto dan video dari komputer Anda

Jika Anda tidak memiliki ponsel, Anda selalu dapat berbagi foto dan video dari situs web Foto Google.

Untuk melakukan ini, buka browser di komputer Anda dan buka situs web Foto Google. Arahkan mouse Anda ke foto atau video yang ingin Anda bagikan. Tanda centang abu-abu akan muncul di sudut kiri atas; klik untuk membuatnya menjadi biru dan Pilih bagian dari konten itu. Lakukan hal yang sama untuk foto dan video lain yang ingin Anda bagikan, untuk memilih semuanya sekaligus.

berbagi foto google dari desktop 1

Curtis Joe / Otoritas Android

Setelah memilih semua yang ingin Anda bagikan, tekan tombol Membagikan tombol di pojok kanan atas. Ini akan membuka Bagikan menu.

berbagi foto google dari komputer 2

Curtis Joe / Otoritas Android

Di sinilah pengalaman desktop berbeda dari berbagi di aplikasi.

Kirim di Foto Google hampir sama; Anda dapat memilih Grup baru untuk mengirim foto dan video yang dipilih ke beberapa orang atau mengirimnya langsung ke individu. Namun, di bagian bawah, Anda hanya memiliki tiga opsi: Buat tautan, Facebookdan Twitter.

Pilih metode mana yang paling sesuai dengan situasi Anda untuk membagikan foto dan video yang Anda inginkan dari Google Foto di komputer Anda.

Cara mengelola foto dan video yang dibagikan (aplikasi seluler)

Seperti yang disebutkan sebelumnya, Anda dapat membagikan konten Google Foto secara langsung dengan orang lain. Untuk melihat konten yang Anda bagikan dan dengan siapa Anda membagikannya, ketuk Membagikan tab dalam aplikasi seluler foto Google untuk Android atau iOS.

Pilih percakapan itu dengan mengetuk nama penerima atau grup untuk mengelola konten yang Anda bagikan dalam percakapan apa pun. Atau, jika Anda membagikannya melalui tautan, itu mungkin muncul sebagai tanggal yang dibagikan. Anda dapat memilih itu juga.

mengelola foto bersama dari perangkat seluler 1

Curtis Joe / Otoritas Android

Ketuk foto atau video apa pun dalam percakapan itu untuk mengelolanya.

  • Anda dapat menghapusnya dengan memilih Menghapus atau Hapus dari album
  • Anda dapat memilih Gunakan sebagai sampul album
  • Kamu bisa Unduh isinya
  • Dan banyak lagi.

Cara mengelola foto dan video yang dibagikan (situs web)

mengelola foto bersama dari komputer

Curtis Joe / Otoritas Android

Buka situs web Google Foto dan klik Membagikan tab untuk mengelola foto dan video yang Anda bagikan. Anda dapat memilih percakapan apa pun yang muncul di sini untuk mengelola gambar atau video yang dibagikan. Ini termasuk menghapus foto atau video, menjadikannya sampul album, dan banyak lagi.

Apa yang dimaksud dengan “berbagi mitra”, dan bagaimana Anda mengaturnya?

akun mitra 1

Curtis Joe / Otoritas Android

Google mengizinkan Anda berbagi foto dengan mitra melalui “berbagi mitra”. Tombol ini muncul di sudut kiri bawah ketika Anda pergi ke Membagikan tab di Google Foto. Ini memungkinkan Anda untuk berbagi foto dalam kelompok besar—bahkan semuanya, jika Anda mau—dengan orang-orang pilihan Anda.

akun mitra 2

Curtis Joe / Otoritas Android

Langkah pertama adalah Pilih pasangan Anda. Ketika Anda mengklik Memulai tombol, Anda akan menerima daftar kontak Google lainnya. Pilih pasangan Anda dari daftar untuk melanjutkan.

penambahan akun mitra

Curtis Joe / Otoritas Android

Setelah itu, Anda harus memilih apa yang akan diberikan akses kepada pasangan Anda. Ini termasuk Semua foto atau Foto orang tertentu. Anda juga dapat memilih seberapa jauh Anda ingin pergi dalam hal tanggal gambar yang ingin Anda bagikan.

akun mitra 4

Curtis Joe / Otoritas Android

Terakhir, pilih Kirim undangan pada Mengonfirmasi layar untuk menyelesaikan.

kirim undangan di Google Foto

Curtis Joe / Otoritas Android

Ya! Anda dapat memilih Salin tautan untuk membagikan foto dan video Anda sebagai tautan dengan siapa pun.

Anda dapat mengatur “partner sharing” untuk berbagi segalanya dengan siapa pun pilihan Anda.

Pergi ke Membagikan di situs web Foto Google atau aplikasi seluler. Jika foto dan video telah dibagikan dengan Anda, di sinilah foto dan video tersebut akan muncul.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *