Tanggal rilis, rumor, spesifikasi, harga, daftar keinginan fitur

Gambar produk Asus ROG Phone 5 dari logo ROG LED melalui casing yang disertakan

Ryan-Thomas Shaw / Otoritas Android

Di dunia ponsel gaming, hanya sedikit yang bisa menandingi seri ROG Phone Asus. Pada tahun 2022, kami berharap untuk melihat Asus ROG Phone 6 menerbangkan persaingan sekali lagi. Tapi apa yang akan dibawa ke meja – dan kapan? Kami telah mengumpulkan semua rumor yang kredibel terkait dengan seri Telepon ROG 2022. Lebih jauh ke bawah, kami juga telah mencantumkan beberapa hal yang kami harap dapat diubah oleh Asus kali ini.

Kapan tanggal rilis Asus ROG Phone 6?

Tanggal Peluncuran Asus ROG Phone 6
  • Telepon Asus ROG — Oktober, 2018
  • Asus ROG Telepon 2 — September, 2019
  • Asus ROG Telepon 3 — Oktober, 2020
  • Asus ROG Telepon 5 — Mei, 2021

Pada 1 Juni 2022, Asus mengkonfirmasi nama ROG Phone 6 dan tanggal peluncurannya. Asus akan meluncurkan ponsel tersebut pada 5 Juli 2022, pukul 8:00 ET. Perusahaan memposting penghitung waktu mundur di situs mini ROG Phone 6, di mana kami telah mengambil tangkapan layar di atas.

Perlu diingat bahwa 5 Juli kemungkinan akan menjadi pengumuman sederhana. Hari dimana pelanggan Asia dapat benar-benar membeli telepon bisa berminggu-minggu atau bahkan berbulan-bulan kemudian. Demikian juga, pembeli Barat mungkin perlu menunggu lebih lama lagi, karena Asus biasanya menyebarkan peluncurannya dari waktu ke waktu, dengan AS menjadi salah satu tempat terakhir untuk mendapatkan telepon tersebut. Di atas adalah panduan umum tentang kapan model seri utama sebelumnya menghantam Amerika Utara, yang biasanya tiga atau empat bulan setelah peluncuran Timur.

Apa saja spesifikasi dan fitur yang akan dimiliki Asus ROG Phone 6?

Asus ROG Phone 5 Ultimate Edition bagian bawah ponsel close up

Ryan-Thomas Shaw / Otoritas Android

Ponsel gaming Asus memiliki estetika yang sangat “gamer” bagi mereka. Kami tidak berharap untuk melihat perubahan itu tahun ini. Selain itu, ponsel cenderung memiliki beberapa lembar spesifikasi terbaik di industri ini, yang juga tidak kami harapkan akan berubah.

Rancangan

Kembali di bulan Januari, Mishal Rahman menemukan sketsa yang tampak seperti ROG Phone 6. Sketsa tersebut diduga muncul di perangkat lunak pembaruan Android 12 untuk Asus Zenfone 8. Anda dapat melihat sketsa di bawah ini.

Dan dari firmware yang sama, sketsa ROG Phone 6. Saya sangat penasaran bagaimana performa Snapdragon 8 Gen 1 di ponsel ini, karena tidak terlihat bagus di Moto Edge X30 atau Xiaomi 12 pic.twitter.com/RhOElpL6OV

Jika sketsanya terbukti akurat, Asus tidak akan menyimpang terlalu jauh dari jalurnya sendiri. Sketsanya sangat mirip dengan seri ROG Phone 5 dari tahun 2021. Namun, sketsa ini bisa jadi hanya itu — ide bundaran tentang bagaimana ponsel itu bisa terlihat.

Bahkan jika kita mengabaikan sketsanya, kita berharap ROG Phone 6 datang dengan beberapa elemen desain yang sama seperti model tahun lalu. Itu akan mencakup tampilan belakang, jack headphone, dua port USB-C (satu di bawah dan satu di samping), dan Pemicu Udara.

Spesifikasi dan fitur

Snapdragon 8 Plus Gen 1 lagi

Hadlee Simons / Otoritas Android

Kita sudah tahu Asus ROG Phone 6 akan hadir dengan Snapdragon 8 Plus Gen 1 sebagai prosesornya. Asus mengklaim ini akan menjadi ponsel gaming pertama dengan chip tersebut, meskipun itu masih harus dilihat. Either way, telepon harus menjadi pembangkit tenaga listrik dengan chip di bawah kap, dan itu harus menghadapi masalah overheating yang jauh lebih sedikit jika dibandingkan dengan Snapdragon 8 Gen 1 biasa.

Baca lebih banyak: Apa yang perlu Anda ketahui tentang Snapdragon 8 Plus Gen 1

Kami juga dapat berasumsi Asus tidak akan menurunkan spesifikasi lain yang kami lihat di ROG Phone 6. Dengan demikian, aman untuk mengharapkan layar OLED 144Hz dengan resolusi FHD+, baterai 6.000mAh, hingga penyimpanan internal 512GB, hingga 18GB RAM, dan konektivitas Wi-Fi 6E. Pengajuan peraturan baru-baru ini muncul untuk mengonfirmasi bahwa ROG Phone 6 juga akan memiliki kecepatan pengisian kabel 65W yang sama dengan generasi sebelumnya.

Spesifikasi kamera sedikit lebih menonjol karena fotografi bukanlah fokus utama ponsel gaming. Namun, Asus bisa memiliki beberapa kejutan untuk kita dalam hal itu. Kita harus menunggu dan melihat.

Berapa Harga Asus ROG Phone 6?

Gambar produk Asus ROG Phone 5 dari logo ROG pada casing yang disertakan

Ryan-Thomas Shaw / Otoritas Android

Asus me-refresh seri ROG Phone 5 pada paruh kedua tahun 2021. Diluncurkan di bawah bendera ROG Phone 5S, harga ponsel tersebut adalah sebagai berikut:

  • Asus ROG Phone 5S — $1,099
  • Asus ROG Phone 5S Pro — $1,299

Dilihat dari harga tersebut, Asus dapat menjatuhkan seri ROG Phone 6 pada titik harga yang sama, meskipun ROG Phone 5 dasar tersedia dengan harga serendah $699 di beberapa pasar. Kami belum tahu pasti, tetapi mengharapkan model yang paling umum untuk duduk dekat dengan tanda ~ $ 1.000.

Juga, jangan lupa bahwa Asus biasanya meluncurkan ROG Phones versi Ultimate yang maksimal. Ini hampir pasti akan mencapai $ 1.499 atau lebih, dilihat dari rilis sebelumnya.


Asus ROG Phone 6: Apa yang ingin kami lihat

Dengan Asus ROG Phone 6, kami tentu ingin melihat Asus terus memberikan audio yang luar biasa, daya tahan baterai yang lama, dan perangkat lunak game yang menjadikan seri ini seperti apa adanya. Namun, tentu saja, ada beberapa penyesuaian dan peningkatan yang ingin kami lakukan di lain waktu. Jadi, inilah daftar keinginan kami untuk apa yang ingin kami lihat dari ROG Phone 6 mendatang.

Solusi pendinginan yang ditingkatkan

Gambar produk Asus ROG Phone 5 dari pendingin AeroActive pada perangkat itu sendiri

Ryan-Thomas Shaw / Otoritas Android

Seri Telepon Asus ROG adalah tentang kinerja game, dan meskipun kami tentu saja tidak memiliki keluhan dalam hal itu, telepon terbarunya dapat menjadi sedikit hangat selama bermain lama. Memang tidak cukup membuat ponsel tidak nyaman untuk digenggam, tapi Anda pasti bisa merasakan panasnya setelah 15 hingga 20 menit.

Asus menggabungkan aksesori pendingin Aero Active dengan varian Pro dan Ultra, tetapi Anda harus membelinya secara terpisah dengan versi reguler. Ini sedikit besar untuk digunakan saat bepergian dan bukan aksesori termurah, dengan harga sekitar $45. Aksesori ini akan lebih baik jika tombol tambahan lebih mudah dijangkau, jadi mungkin desain ulang untuk membuat pendingin sedikit lebih ergonomis? Selain itu, kembali memaketkan pendingin dengan semua model lain kali juga tidak ada salahnya.

Lihat juga: Aksesori pengisian daya ponsel terbaik

Sebagai alternatif, akan sangat bagus jika ROG Phone 6 hadir dengan sistem pendingin pasif yang ditingkatkan untuk meningkatkan suhu tanpa memerlukan aksesori. Agar adil untuk Telepon ROG, Asus sudah menyertakan mode bypass pengisian dan pengoptimalan Wi-Fi yang dirancang untuk menurunkan suhu saat bermain game dan memperpanjang umur baterai. Lebih dari ide-ide rapi ini akan terus memisahkan telepon dari kompetisi.

Paket kamera yang lebih baik

Bidikan produk Asus ROG Phone 5 dari benturan tiga kamera melalui kasing yang disertakan

Ryan-Thomas Shaw / Otoritas Android

Kami menyukai ROG Phone 5, sebagian, karena menawarkan kamera utama yang kokoh, terutama untuk smartphone gaming. Namun, kualitas gambar dari lensa ultrawide dan kamera makro tidak sebanding dengan kamera utama. Hasil dari ultrawide, khususnya, bisa sangat buruk, dengan distorsi yang nyata. Paket pencitraan menyeluruh yang lebih kuat tentu akan meningkatkan kredensial unggulan umum ROG Phone 6.

Demikian pula, kamera makro 5MP yang menarik perhatian dapat dihapus seluruhnya. Itu benar-benar tidak menawarkan banyak utilitas tetapi menambah tagihan bahan. Mengganti ini dengan lensa zoom telefoto akan menawarkan lebih banyak fleksibilitas, sesuai dengan kemampuan ponsel lain di braket harga seri ROG. Sebuah paket yang lebih mirip dengan Smartphone untuk Snapdragon Insiders, ponsel Qualcomm yang berbasis pada ROG Phone 5, mungkin berhasil — meskipun semoga tanpa bug dan label harga yang mahal.

Paket kamera serba lebih kuat akan meningkatkan kredensial andalan ponsel.

Kami tidak akan menuntut kualitas gambar terdepan di industri — bagaimanapun juga, game masih menjadi fokus utama handset ini. Tetapi paket kamera yang lebih kompetitif dan lengkap tentu akan menjadikan ponsel ini sebagai investasi jangka panjang yang lebih baik bagi para gamer dan pengguna umum.

Fitur dengan kemahiran

Foto produk Asus ROG Phone 5 dari pemindai sidik jari dalam layar

Ryan-Thomas Shaw / Otoritas Android

Asus ROG Phone 5 tidak diberi peringkat IP, tidak memiliki pengisian nirkabel, dan kami menggambarkan pemindai sidik jari dalam layar sebagai yang paling tidak dapat diandalkan. Sayang sekali karena kami mengharapkan fitur-fitur ini dari smartphone kelas atas yang dibandrol dengan harga $1.000.

Dengan formula game yang sudah turun-temurun, Asus mampu mengerjakan beberapa fitur yang akan meningkatkan penggunaan ponsel secara lebih umum. Pengisian daya nirkabel adalah fitur hebat untuk mengisi ulang baterai sepanjang hari, sementara pemindai sidik jari terbaik di kelasnya menghilangkan frustrasi saat membuka kunci ponsel. Demikian pula, kamera selfie yang lebih baik, peringkat IP, bobot yang lebih rendah, atau bahkan penyimpanan yang dapat diperluas, semuanya menambah nilai, terutama pada titik harga Asus yang lebih tinggi. Kami akan menerima dua dari daftar keinginan sebagai peningkatan yang layak pada formula yang ada.

Putusan kami: Ulasan Asus ROG Phone 5

Mengatasi ini dengan sempurna akan melengkapi speaker stereo yang sudah sangat baik, umpan balik haptic, dan Pemicu Udara kapasitif yang menjadikan seri ROG sebagai ponsel gaming yang luar biasa.

Lebih sedikit model dan varian

Waktu Asus ROG Phone 5 Ultimate Edition di tampilan belakang

Ryan-Thomas Shaw / Otoritas Android

Asus menjual lima model ROG Phone 5 saat peluncuran — tiga varian memori yang berbeda dari model standar, serta varian Pro dan Ultra. Masukkan beberapa model ROG Phone 5S yang menggunakan prosesor Snapdragon 888 Plus yang ditingkatkan dan ada tujuh opsi berbeda untuk dipilih di berbagai titik sepanjang tahun 2021. Saya akan mengatakan itu dengan mudah tiga atau empat terlalu banyak dan kisarannya akan mendapat manfaat dari portofolio yang disederhanakan.

Sebagai permulaan, saya akan menjatuhkan opsi penyimpanan 128GB. Itu tidak cukup untuk koleksi game dan media yang layak akhir-akhir ini. Demikian juga, RAM 18GB dalam model Ultra berlebihan dan mungkin juga tidak perlu ada, selain untuk hak membual. Tampaknya agak konyol juga bahwa ada opsi tampilan belakang yang berbeda untuk varian standar, Pro, dan Ultra. Harga layar sekunder kecil itu jelas merupakan faktor di sini, tetapi itu adalah aspek unik dari desain ROG yang mungkin sekarang ada di dalam atau di luar semua model di masa mendatang.

Tidak ada ponsel yang perlu diluncurkan dengan lima varian berbeda.

Saya akan menyederhanakan kisarannya menjadi tiga model, dengan RAM, penyimpanan, dan mungkin konfigurasi kamera sebagai pemisah utama. Itu akan memudahkan konsumen untuk memahami perbedaannya, dan tetap memungkinkan Asus untuk mencapai titik harga di atas dan di bawah angka $1.000 tanpa mengorbankan fokus utama game ponsel.

Bacaan lanjutan: Laptop gaming terbaik yang dapat Anda beli sekarang

Apa yang paling ingin Anda lihat dari Asus ROG Phone 6? Pilih dalam polling kami dan beri tahu kami di komentar di bawah.

Apa yang paling ingin Anda lihat dari Asus ROG Phone 6?

843 suara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *