STRATEGI MARKETING YANG EFEKTIF UNTUK MEMBANGUN BISNIS TRAVEL AGENCY DI PADI UMKM BAGIAN I

 

Membangun bisnis travel agency dari awal membuat anda butuh arahan yang tepat untuk melaksanakannya agar sukses dan menarik pelanggan banyak diawal. Bisnis travel agency membutuhkan banyak biaya, tenaga serta promosi besar-besaran agar semua target yang ingin anda tuju mengetahui travel agency anda. Dikutip dari accurate dot id, inilah strategi membangun bisnis travel agency yang efektif agar bisnis travel agency anda laris manis dan mendapat banyak pelanggan.

Strategi marketing pertama membangun bisnis travel agency yang sukses untuk anda para pemula di pasar digital UMKM yaitu Memanfaatkan kondisi psikologis para calon pembeli adalah kunci dari strategi FOMO. Strategi ini merupakan strategi bisnis travel agency yang dinilai ampuh untuk menarik minat pembeli untuk segera melakukan transaksi pembelian paket tour travel agency. Dengan memanfaatkan rasa takut ketinggalan zaman, tentu berakibat banyaknya orang yang membeli paket tour untuk ke destinasi wisata baru agar termasuk orang yang up-to-date di lingkungan sosial dan pertemannya. Dalam prakteknya, strategi ini menunjukkan bahwa calon pembeli telah melewatkan kesempatan promo yang besar sehingga pihak travel agency akan memberikan alternatif lain.

Strategi marketing kedua membangun bisnis travel agency yang sukses untuk anda para pemula di pasar digital UMKM yaitu Strategi ini dilakukan membuat para calon pembeli saling berkompetisi untuk segera memesan slot paket tour yang tersedia. Strategi ini juga hampir sama dengan strategi FOMO, namun lebih menggunakan psikologi marketing dengan memanfaatkan ketersediaan produk dan waktu promosi yang disediakan. Biasanya strategi ini dilakukan di kanal pembelian online seperti website tour agent atau media sosial. Dengan cara menampilkan berapa orang pesaing yang berminat terhadap paket tour tersebut.

Strategi marketing ketiga membangun bisnis travel agency yang sukses untuk anda para pemula di pasar digital UMKM yaitu Strategi bisnis travel yang efektif berikutnya adalah dengan menjadikan suatu destinasi wisata yang baru menjadi viral. Atau, membuat paket tour berdasarkan destinasi wisata yang saat ini sedang viral.

Strategi marketing keempat membangun bisnis travel agency yang sukses untuk anda para pemula di pasar digital UMKM yaitu Berikan batasan waktu yang jelas agar paket tour yang dijual dapat segera laku. Strategi bisnis travel ini memberikan waktu tertentu untuk masa penawaran sebuah paket tour. Biasanya, masa penawaran ini sering dilakukan oleh maskapai penerbangan asing asal Singapura, Air Asia. Dengan memberikan promosi harga tiket pada masa-masa low season untuk keberangkatan beberapa bulan bahkan 1 tahun berikutnya. Penawaran ini berlaku agar tetap terjadi transaksi pada masa low season yaitu pada bulan Maret hingga Mei dan Agustus hingga Oktober.

Strategi marketing kelima membangun bisnis travel agency yang sukses untuk anda para pemula di pasar digital UMKM yaitu Strategi efektif di bidang travel dengan memanfaatkan tanggal dan hari spesial. Misalnya tanggal kembar seberi 8 Agustus, 9 September, 10 Oktober, dan sebagainya. Serta, hari spesial seperti Hari Kemerdekaan, Hari Pahlawan, Hari Valentine, dan Hari Raya seperti Idul Fitri, Natal, Nyepi dan Waisak. Pemanfaatan hari spesial ini bisa berupa pembelian paket tour pada tanggal tersebut. Alternatif lainnya bisa juga menawarkan paket tour khusus tanggal tersebut. Sebagai contoh prosesi ibadah Waisak dapat menjadi salah satu wisata kebudayaan yang dapat ditawarkan kepada turis lokal maupun mancanegara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *