Perubahan besar yang terjadi pada Android di India, dapat memengaruhinya secara global di masa mendatang

galeri android ces 2023

Ryan Haines / Otoritas Android

TL;DR

  • Google membuat perubahan pada Android di India menyusul keputusan dari Komisi Persaingan India.
  • Perubahan akan hal-hal seperti mengizinkan aplikasi dan toko aplikasi yang di-sideload, penagihan pilihan pengguna, pilihan mesin telusur default, dan banyak lagi.
  • Ada kemungkinan bahwa perubahan ini dapat memengaruhi cara Android beroperasi di belahan dunia lain.

Setelah Mahkamah Agung India menguatkan perintah antimonopoli dari Komisi Persaingan India (CCI) Kamis lalu, Google diperintahkan untuk mengubah cara menjalankan platform Android-nya. Perusahaan kini telah mengungkapkan bagaimana rencananya untuk mematuhi undang-undang dan peraturan negara, yang dapat menyebabkan perubahan besar untuk Android di belahan dunia lain di masa mendatang.

Hari ini, Google mengumumkan bahwa mereka membuat beberapa pembaruan besar untuk Android dan Google Play di India untuk mengikuti arahan yang ditetapkan oleh CCI. Perubahan utama yang datang ke ekosistem yang ditunjukkan Google meliputi:

  • Pabrikan peralatan asli kini dapat melisensikan setiap aplikasi Google untuk prapemasangan di perangkat mereka.
  • Pengguna memiliki opsi untuk memilih mesin telusur default mereka melalui layar pilihan yang muncul saat menyiapkan smartphone atau tablet Android baru di India.
  • Persyaratan kompatibilitas Android telah diubah untuk memungkinkan mitra membuat varian yang tidak kompatibel atau bercabang.
  • Pengembang dapat menawarkan opsi kepada pengguna untuk memilih sistem penagihan alternatif untuk sistem penagihan Google Play saat membeli konten digital dalam aplikasi mulai bulan depan.
  • Alur penginstalan dan kemampuan pembaruan otomatis di Android untuk aplikasi yang di-sideload dan toko aplikasi telah diubah.
  • Google telah memperluas sumber daya daringnya untuk memberikan detail lebih lanjut tentang layanan yang disediakan oleh Google Play serta bagaimana dan kapan tarif layanan Google Play berlaku.

Selain mengumumkan perubahan ini, raksasa pencarian tersebut juga menyatakan sedang berupaya mengajukan banding atas beberapa aspek keputusan CCI. Beberapa dari tuntutan ini termasuk menahan diri dari perjanjian yang memastikan eksklusivitas layanan pencariannya, pra-pemasangan wajib aplikasinya, dan mengizinkan toko aplikasi pihak ketiga ditempatkan di dalam Play Store-nya.

Meskipun perubahan ini hanya memengaruhi pasar India, untuk saat ini, bukan tidak mungkin perubahan ini memiliki implikasi yang lebih besar untuk Android di masa mendatang. Mungkin saja kita dapat melihat beberapa dari perubahan ini menemukan jalannya ke seluruh dunia, mirip dengan bagaimana keputusan UE tentang USB-C pada ponsel memaksa Apple untuk mengadopsi standar pengisian daya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *