Tanggal rilis, harga, spesifikasi, rumor, dan lainnya

layar utama samsung galaxy z fold 4 terbuka

Ryan Haines / Otoritas Android

Samsung biasanya meluncurkan perangkat Galaxy Z Fold dan Z Flip baru tepat pada musim gugur. Ponsel lipat saat ini berada di generasi keempat dan telah dengan nyaman menggantikan seri Galaxy Note yang pernah berkuasa. Tak perlu dikatakan, Samsung Galaxy Z Fold 5 akan menjadi yang berikutnya untuk gelar ponsel Samsung paling premium tahun ini, mengikuti Galaxy S23 Ultra top-of-the-line.

Seiring waktu, Samsung terus menyempurnakan formula ponsel lipatnya. Meskipun perangkat kurang lebih terlihat sama selama bertahun-tahun, kami telah melihat peningkatan dalam teknologi tampilan, daya tahan, trik perangkat lunak baru, dan banyak lagi. Tentu saja, perangkat keras internal terus mendapatkan peningkatan yang jelas, seperti SoC yang lebih bertenaga dan kamera yang lebih baik. Tahun ini juga, rumor sudah menggambarkan Galaxy Z Fold 5 sebagai ponsel lipat Samsung yang paling dihormati. Inilah yang kami ketahui sejauh ini.

Apakah akan ada Samsung Galaxy Z Fold 5?

Galaxy Z Fold 4 dan S Pen

Ryan Whitwam / Otoritas Android

Samsung secara konsisten meluncurkan ponsel lipat baru sejak Galaxy Fold pertama kali muncul pada tahun 2019. Jadi tidak ada alasan untuk percaya bahwa Samsung tidak akan meluncurkan perangkat ponsel lipat lainnya tahun ini. Faktanya, kepala seluler Samsung baru-baru ini mengatakan bahwa ponsel lipat perusahaan dapat menyalip flagships seri S dalam pengapalan pada tahun 2025. Perusahaan tersebut ingin lini fleksibelnya menjadi “standar baru” untuk smartphone. Ditambah lagi, sudah ada banyak rumor yang beredar tentang Galaxy Z Fold 5 (lebih lanjut tentang itu nanti), dan seperti yang mereka katakan, tidak ada asap tanpa api.

Sampai sekarang, Samsung belum secara resmi mengkonfirmasi peluncuran Galaxy Z Fold 5. Kami tidak berharap perusahaan mengungkapkan apa pun tentang perangkat lipat baru hingga hanya beberapa minggu sebelum diluncurkan.

Kapan tanggal rilis Galaxy Z Fold 5?

samsung galaxy z fold 4 youtube multitasking

Ryan Haines / Otoritas Android

  • Samsung Galaxy Lipat — 20 Maret 2019
  • Samsung Galaxy Z Lipat 2 — 5 Agustus 2020
  • Samsung Galaxy Z Lipat 3 — 24 Agustus 2021
  • Samsung Galaxy Z Lipat 4 — 10 Agustus 2022

Galaxy Z Fold 4 diluncurkan seperti jarum jam pada 10 Agustus 2022. Z Fold 3 juga hadir di bulan Agustus, meski lebih menjelang akhir bulan. Jika Samsung tetap pada jadwal biasanya, kita akan melihat Galaxy Z Fold 5 diumumkan sekitar pertengahan hingga akhir Agustus tahun ini. Penjualan ponsel akan dimulai dalam satu atau dua minggu ke depan.

Tidak ada yang menunjukkan bahwa Samsung tertinggal sejauh menyangkut peluncuran perangkat lipat baru. OEM ponsel cerdas masih berjuang dengan kekurangan chip, tetapi kami tidak berharap hal itu memengaruhi rencana Samsung.

Padahal, jika semua berjalan sesuai program, Samsung Galaxy Z Fold 5 seharusnya sudah dalam pengembangan. Namun, laporan terbaru oleh publikasi Korea Elec mengklaim bahwa Samsung dapat secara drastis memangkas target pengiriman untuk Z Fold 5 dan Z Flip 5. Samsung tampaknya telah menetapkan target keseluruhan 10 juta unit untuk ponsel tersebut. Dari jumlah tersebut, diperkirakan hanya dua juta unit bekas yang akan diedarkan oleh perusahaan.

Apa saja fitur dan spesifikasi yang dimiliki Samsung Galaxy Z Fold 5?

samsung galaxy z lipat 4 berdiri multitasking

Ryan Haines / Otoritas Android

Samsung Galaxy Z Lipat 4

Kami tidak memiliki banyak informasi resmi tentang Samsung Galaxy Z Fold 5. Anda dapat mengharapkannya mengalir dalam beberapa bulan sebelum peluncuran Agustus yang diharapkan. Namun, kami memiliki beberapa rumor yang menunjukkan beberapa peningkatan.

Mendesain

Ponsel bergaya buklet Samsung selalu memiliki celah di antara kedua bagiannya saat dilipat. Sebuah laporan baru-baru ini mengklaim bahwa tidak demikian halnya dengan Galaxy Z Fold 5. Perusahaan dikatakan menggunakan engsel gaya tetesan air mata, mirip dengan yang telah kita lihat di Oppo Find N2 dan Motorola Razr 2022. Ini akan memastikan kedua sisi layar menutup rata di atas satu sama lain saat perangkat dilipat.

Galaxy Z Fold 5 bisa mendapatkan perubahan desain terbesar yang pernah dilihat garis sejak awal.

Perubahan desain juga diharapkan dapat mengurangi tampilan lipatan layar. Galaxy Z Fold 4 dan pendahulunya memiliki kerutan yang menonjol di bagian tengah. Dengan desain baru, layar akan membentuk bentuk tetesan air mata saat ditutup, sehingga menghasilkan lekukan yang jauh lebih lembut dan tidak terlalu kusut. Di bawah ini Anda dapat melihat gambar desain yang dipatenkan Samsung beberapa tahun yang lalu.

Naver tampilan tetesan Samsung

Paten engsel tipe tetesan air diungkapkan oleh Samsung Electronics pada tahun 2016 melalui Naver

Bahkan, publikasi Korea Naver juga mengklaim telah melihat prototipe engsel Galaxy Z Fold 5 di CES 2023. Gambar di bawah ini menunjukkan dugaan desain dibandingkan dengan Galaxy Z Fold 4, dan tentunya engsel yang lebih baru membuat perangkat jauh lebih ringkas.

prototipe galaksi z lipat 5 1

Samsung juga mengkonfirmasi desain engsel baru Ambang. Ia bahkan membagikan beberapa gambar tampilan prototipe baru yang disebut Flex In & Out yang dapat dilipat ke dalam dan ke luar. Perusahaan tidak mengatakannya, tetapi karena sudah memiliki teknologinya, layar seperti itu dapat muncul dengan sangat baik di Galaxy Z Fold 5. Jika ya, itu akan menjadi perubahan desain terbesar yang pernah dilihat garis sejak itu. lahirnya.

Jika Anda mengharapkan faktor bentuk yang dapat digeser atau digulung, seperti yang ditunjukkan oleh Samsung Display di masa lalu, Anda mungkin akan kecewa. Meskipun demikian, masih terlalu dini untuk memprediksi apa yang mungkin dilakukan Samsung. Kami juga berharap Google memasuki arena ponsel lipat tahun ini dengan Pixel Fold, sehingga kami dapat melihat Samsung meningkatkan permainan desainnya untuk menghadapi persaingan yang lebih ketat.

Spesifikasi dan fitur

samsung galaxy z lipat 4 kamera

Ryan Haines / Otoritas Android

Samsung mendukung Galaxy Z Fold 4 dengan Snapdragon 8 Plus Gen 1 SoC. Saat ini kami tidak memiliki varian plus dari Snapdragon 8 Gen 2, tetapi Qualcomm dapat mengumumkannya sekitar bulan Mei tahun ini. Jika demikian, kami berharap Galaxy Z Fold 5 menggunakan SoC yang lebih baru.

Laporan goyah dari situs web Vietnam menelepon Piksel mengklaim bahwa Galaxy Z Fold 5 akan sedikit lebih tinggi dari Galaxy Z Fold 4. Secara khusus, ponsel ini dapat berukuran 158,5 x 128,5 x 6,5 mm saat dibuka dan 158,5 x 67,5 x 14,5 – 16 mm saat dilipat. Beratnya dilaporkan sekitar 275g.

Outlet tersebut juga melaporkan bahwa Galaxy Z Fold 5 akan mempertahankan layar bagian dalam 7,6 inci yang sama dengan pendahulunya. Ponsel ini juga dikatakan memiliki sertifikasi IP68 untuk tahan air dan debu.

Mungkin informasi terpenting yang diklaim situs web untuk diketahui adalah spesifikasi kamera ponsel. Dilaporkan bahwa Galaxy Z Fold 5 dapat memiliki penembak utama 108MP, lensa telefoto 64MP 2x, dan kamera sudut lebar 12MP.

Galaxy Z Fold 5 akhirnya bisa mendapatkan slot S Pen tahun ini.

Sebuah sumber juga mengkonfirmasi publikasi bahwa ponsel membawa slot S Pen kali ini. Layar lipat Samsung yang besar adalah kandidat yang sempurna untuk input stylus. Tetapi untuk beberapa alasan, perusahaan belum menambahkan slot khusus untuk aksesori di telepon sampai sekarang. Jadi slot S Pen untuk Galaxy Z Fold 5 juga ada di wishlist kami untuk ponsel ini.

Karena itu, kami tidak dapat menjamin kredibilitas spesifikasi yang bocor, terutama karena masih terlalu dini dalam permainan, dan kami masih beberapa bulan lagi dari peluncuran Galaxy Z Fold 5. Untuk saat ini, kami akan menyarankan Anda untuk tidak terlalu mempercayai kebocoran ini dan menunggu sumber yang lebih kredibel untuk mengungkapkan informasi.

Berapa harga Samsung Galaxy Z Fold 5?

layar utama samsung galaxy z fold 4 ditutup

Ryan Haines / Otoritas Android

Baik Galaxy Z Fold 3 dan Galaxy Z Fold 4 dihargai $1.799 saat diluncurkan. Kami tidak berharap Samsung menurunkan harga lebih rendah untuk Galaxy Z Fold 5. Kami juga tidak berharap Samsung memberi harga perangkat lipat baru lebih tinggi dari pendahulunya. Apalagi mengingat kondisi ekonomi global saat ini. Tidak bijaksana bagi Samsung untuk menaikkan harga smartphone dan membuat andalannya yang dapat dilipat bahkan lebih tidak terjangkau daripada kebanyakan orang.

Sayangnya, sejauh ini belum ada bocoran harga Galaxy Z Fold 5. Kami akan memperbarui artikel ini jika dan ketika kami tahu lebih banyak.


Punya bocoran Galaxy Z Fold 5 untuk dibagikan kepada kami? Kirimi kami tip dan kami pasti akan memeriksanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *