Seseorang memasang baterai Pixel 5a ke dalam Pixel 4a untuk masa pakai baterai ekstra 17%.

Google Pixel 4a 5G di belakang ponsel

David Imel / Otoritas Android

TL;DR

  • Seorang pengguna Reddit mengklaim bahwa mereka memasang baterai Pixel 5a ke dalam Pixel 4a untuk masa pakai baterai 17% lebih lama.
  • Ponsel yang dimodifikasi memiliki sedikit tonjolan di bagian belakang, yang menurut Redditor tidak terlalu mencolok.

Apa yang Anda lakukan ketika baterai ponsel Anda mulai menunjukkan umurnya? Anda pasti tidak menggantinya dengan baterai berkapasitas lebih tinggi dari penerus ponsel itu. Setidaknya bukan tanpa pengetahuan, pengujian, keterampilan yang baik, dan, harus kita katakan, selera untuk beberapa risiko. Mengapa kita membicarakan ini? Karena seorang Redditor mengklaim mereka berhasil mengganti baterai 3.885mAh Pixel 4a mereka dengan baterai 4.680mAh Pixel 5a.

Redditor mengatakan mereka memiliki pengalaman bertahun-tahun dalam desain dan perbaikan PCB. Mereka mengira baterai Pixel 4a dan 5a terlihat identik dan membeli yang terakhir berdasarkan firasat ini. Baterai Pixel 5a ternyata lebih tinggi 4,5mm, lebih tebal 0,4mm, dan lebih kecil 1,4mm daripada sel di Pixel 4a. Jelas, itu tidak akan cocok, tapi itu cukup cocok untuk dikemas di dalam Pixel 4a yang lebih lama dengan beberapa penyesuaian.

Jadi sang modder memindahkan sistem manajemen baterai Pixel 4a, sebuah papan kecil yang terhubung ke baterai, ke sisi kiri. Itu membantu konektor pita kedua ponsel identik. Setelah menghubungkan semuanya dan menutup telepon, sedikit tonjolan tetap ada di belakang, yang menurut modder “tidak terlihat secara visual”. Hasilnya adalah peningkatan masa pakai baterai sebesar 17%.

Baterai Pixel 5a di Pixel 4a

Bagaimana dengan ekspansi baterai, ancaman ledakan baterai, dan kompatibilitas software? Nah, Redditor tampaknya yakin mereka telah menangani semua ini.

“Saya telah menghilangkan semua titik potensi kegagalan jika terjadi ekspansi, yaitu stiker NFC di bagian belakang, yang terpotong kurang dari satu milimeter dan merupakan konduktor potensial, sisi kiri baterai tempat BMS sekarang berada memiliki jumlah insulasi yang nyaman dan ruang untuk ekspansi juga, ”tulis Redditor di utas.

Pengguna Pixel 4a juga mengatakan mereka akan memantau bagaimana persentase baterai ditampilkan dari waktu ke waktu dan apakah pembacaannya akurat.

Meskipun sepertinya peretasan yang keren, kami tidak menyarankan Anda mencobanya di rumah. Modder tampaknya tahu apa yang dia lakukan, tetapi mungkin masih ada risiko dalam jangka panjang. Mari berharap kami mendapatkan beberapa pembaruan dari orang tersebut untuk melihat apakah penggantian baterai DIY berhasil sebagaimana dimaksud.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *