Saya tidak ingin lensa zoom di ponsel berikutnya, saya ingin dua lensa zoom

Perumahan kamera Samsung Galaxy S22 Ultra dinamis

Robert Triggs / Otoritas Android

Zoom ponsel cerdas telah membuat langkah signifikan sejak seri iPhone 7 memulai debutnya dengan kamera telefoto 2x pada tahun 2016. Faktanya, penembak telefoto 2x tampak agak aneh menurut standar modern ketika kita memiliki kamera 3x, 5x, dan bahkan 10x di saku kita saat ini.

Namun, masih ada satu masalah signifikan dengan zoom smartphone saat ini, yaitu kurangnya kualitas yang konsisten saat melakukan zoom melalui level intermiten. Jawabannya? Kamera telefoto ganda.

Dua tentu lebih baik dari satu

Perumahan kamera Vivo X80 Pro

Hadlee Simons / Otoritas Android

Argumen terbesar yang mendukung kamera telefoto ganda dengan mudah adalah bahwa kualitas menurun saat tidak memotret dengan panjang zoom optik asli kamera. Artinya, Anda akan melihat kualitas gambar yang bagus saat memotret dengan kamera utama atau 1x dan gambar berkualitas tinggi saat memotret dengan kamera telefoto soliter (misalnya kamera 3x atau 5x). Tetapi faktor zoom apa pun antara kedua kamera ini atau lebih bergantung pada teknik zoom digital atau hybrid. Zoom hibrida hampir selalu menghasilkan kualitas gambar yang menurun dibandingkan dengan lensa optik khusus pada faktor zoom yang sama. Simak perbedaan detail antara kamera telefoto Galaxy S22 Plus 3x dan 10x, 20x, dan 30x hybrid zoom. Jelas, ponsel tidak dapat melakukan semuanya hanya dengan satu lensa telefoto.

Seperti yang kami sebutkan, kami juga melihat kualitas zoom yang agak menurun antara 1x dan kamera telefoto ponsel, seperti pada Google Pixel 7 Pro, yang memiliki celah besar untuk diisi di antara lensa. Ponsel ini menggunakan hybrid zoom/Super Res Zoom saat memotret antara 2,5x dan 4,9x, yang didasarkan pada teknik fusi gambar. Google menggabungkan data dari kamera 1x dan 5x untuk menghasilkan hasil hybrid pada tingkat zoom terputus-putus. Ini menghasilkan tingkat detail yang bagus di bagian tengah gambar, tetapi kehilangan detail yang signifikan di bagian tepi tempat kamera 1x digunakan untuk mengisi kekosongan.

Lihat potongan perbandingan ini antara Pixel 7 Pro pada 3x hybrid zoom versus 3x zoom asli iPhone 14 Pro Max. Lihatlah sisi kiri labu di jepretan Pixel dibandingkan dengan foto iPhone, sedangkan Pixel menawarkan detail superior di sisi kanan, yang merupakan bagian tengah dari gambar aslinya.

Kamera telefoto ganda akan sangat membantu mempersempit kesenjangan kualitas gambar antara faktor zoom asli, mengurangi kebutuhan peningkatan perangkat lunak yang agresif. Dalam contoh Pixel, ini juga dapat meningkatkan area dengan detail yang dikurangi di bagian tepi untuk Zoom Super Res. Anggap saja seperti memiliki beberapa tempat istirahat air dengan jarak yang baik selama lari yang menyenangkan dibandingkan dengan hanya memiliki satu atau dua di antaranya.

Pendekatan lensa ganda ini juga akan memungkinkan merek ponsel cerdas untuk benar-benar mendorong keluar perahu dalam hal zoom jarak jauh. Misalnya, Samsung Galaxy S21 Ultra dan Galaxy S22 Ultra menawarkan kamera 3x dan 10x khusus daripada hanya memiliki satu kamera 3x atau 5x. Hal ini membuat zoom jarak jauh meningkat secara drastis dibandingkan dengan ponsel dengan lensa tele jarak pendek atau jarak menengah soliter.

Zoom digital tidak selalu bagus, tetapi banyak kamera membantu mengatasi masalah ini.

Selain itu, kamera telefoto ganda akan menghasilkan bidikan potret yang lebih baik karena kamera zoom jarak pendek dianggap ideal untuk potret dibandingkan hanya memotong dari 1x atau menggunakan lensa 5x atau 10x.

Terakhir, dua kamera telefoto khusus juga berarti platform perekaman video yang lebih fleksibel. Kami sebelumnya juga telah melihat ini di ponsel Ultra Samsung, menawarkan video 10x berkualitas lebih tinggi daripada ponsel tanpa penembak 10x asli.

Potret yang lebih baik dan perekaman video yang lebih fleksibel adalah dua keunggulan pengaturan multi-zoom.

Dengan mengatakan demikian, pendekatan dua cabang Samsung berarti masih ada kesenjangan kualitas yang besar di atas kertas antara 3x dan 10x, karena Samsung tidak memiliki kamera khusus untuk menutupi celah ini secara memadai (misalnya kamera 5x). Namun opsi ini masih lebih baik untuk zoom jarak pendek dan jarak jauh, secara teori, dibandingkan dengan satu kamera 4x atau 5x.

Solusi lain yang mungkin

Sony Xperia 1 IV tutup belakang dengan logo

Robert Triggs / Otoritas Android

Sistem kamera telefoto ganda bukan satu-satunya cara untuk menawarkan kualitas gambar yang lebih konsisten pada berbagai faktor zoom. Kamera telefoto variabel adalah pilihan lain yang muncul dalam beberapa tahun terakhir. Sony Xperia 1 IV adalah smartphone modern pertama yang menawarkan kamera telefoto variabel dengan tingkat zoom kontinu. Hal ini memungkinkan tingkat kualitas gambar yang konsisten antara ~3,5x dan ~5,2x karena mekanisme secara fisik menggerakkan optik untuk mencapai zoom yang sebenarnya.

Teknologi telefoto variabel adalah solusi bagus lainnya, tetapi masih perlu penyempurnaan.

Pendekatan ini bukan tanpa kekurangannya. Dalam ulasan kami, kami merasa bahwa kamera tele variabel Xperia 1 IV tertinggal dari penembak periskop lainnya dalam hal kualitas gambar langsung. Rentang zoom asli juga tidak lebar, karena Anda masih mengandalkan zoom hibrida di bawah ~3,5x dan di atas 5,2x. Jadi kami ingin melihat penerapan di masa mendatang yang menawarkan rentang zoom yang jauh lebih luas.

Waktu yang tepat untuk zoom yang lebih baik

Memotret bagian luar rumah dengan aplikasi kamera Google pixel 7 pro.

Ryan Haines / Otoritas Android

Huawei dan Xiaomi adalah yang pertama menawarkan kamera telefoto ganda pada smartphone mereka, dan Samsung dan Vivo telah mengambil tongkat estafet dalam hal ini. Kemudian kami memiliki Sony yang jelas-jelas berinovasi dengan teknologi kamera telefoto variabelnya, jadi ada opsi zoom yang kuat dan fleksibel di luar sana.

Zoom kamera seperti apa yang dimiliki ponsel Anda?

41 suara

Namun, wajar untuk mengatakan bahwa beberapa pemain ternama, seperti Oppo, OnePlus, dan Apple, tidak terlalu ambisius dalam hal kemampuan zoom pada perangkat kelas atas. Ini sangat mengecewakan bagi penggemar Oppo, karena ini adalah salah satu perusahaan pertama yang menawarkan desain kamera periskop.

Jadi kami berharap merek-merek ini mengambil pendekatan kamera tele ganda atau tele variabel tahun depan. Paling tidak, kami ingin sekali melihat merek-merek ini menerapkan zoom periskop berkualitas tinggi. Sayangnya, sepertinya Apple bisa menjadi satu-satunya pemain dalam kelompok itu yang meningkatkan ke penembak periskop pada tahun 2023.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *