Pixel Watch adalah bukti bahwa Wear OS lumayan, hanya perlu banyak perbaikan

Google Pixel Watch diletakkan di atas matras yoga, menampilkan statistik aktivitas pengguna pada tampilan jam default.

Kaitlyn Cimino / Otoritas Android

Untuk waktu yang lama, konsensus umum di antara pengguna jam tangan Wear OS adalah bahwa platform tersebut tidak terlalu bagus. Gagap, kelambatan, bug aneh, sering terputus dari telepon, dan tidak adanya layanan kebugaran dan kesehatan yang terintegrasi dengan baik adalah beberapa alasan utama pemikiran tersebut. Belum lagi hubungan Google yang on-lagi-off-lagi dengan platform, dengan update satu hari dan mengabaikan berikutnya.

Kemudian kemitraan Google-Samsung dan Galaxy Watch 4 terjadi, menandakan komitmen jangka panjang Google untuk Wear OS pada level abstrak dan platform yang tidak terlalu payah pada level konkret. Itu adalah salah satu contoh pertama bahwa jam tangan yang menjalankan perangkat lunak Google benar-benar mulus, responsif, dan bersaing dengan jam tangan pintar terbaik dari yang terbaik.

Wear OS di Pixel Watch terasa lebih matang dan stabil dari sebelumnya. Tapi itu masih di belakang.

Satu tahun kemudian, Galaxy Watch 5 telah memantapkan kesan itu, tetapi tentu saja Pixel Watch yang memperkuatnya. Bahkan tanpa lonceng dan peluit Samsung, Wear OS terasa lebih matang dan stabil dari sebelumnya. Pixel Watch adalah pertama kalinya saya benar-benar menikmati menggunakan jam tangan pintar berbasis Android, dan akhirnya saya bisa melihat banyak janji di Wear OS. Masalahnya adalah bahwa setiap aspek membutuhkan sedikit tambahan – semacam peningkatan yang jelas atau penambahan fitur yang seharusnya sudah ada.

Ketika semuanya berdetak bersama

Google Pixel 7 Pro, Pixel Watch, dan Pixel Buds Pro

Rita El Khoury / Otoritas Android

Dalam delapan tahun saya menggunakan jam tangan Wear OS yang berbeda, Pixel Watch adalah pertama kalinya saya mengalami pengalaman bebas gagap. Galaxy Watch 4 sudah dekat, tetapi masih tertinggal di beberapa tempat. Sebaliknya, jam tangan baru Google cepat, halus seperti mentega, dan belum menunjukkan kepada saya satu momen tersendat atau tersendat selama lebih dari satu bulan penggunaan. Antarmuka utama mudah digunakan dengan gesekan sederhana, satu tombol, dan kenop berputar yang intuitif. Bahkan Asisten Google cepat dan akurat — selama Anda terhubung ke telepon (sebentar lagi tentang itu).

Pelacakan aktivitas Fitbit bawaan juga tepat, dengan langkah, tangga, tidur, detak jantung, dan berbagai latihan semuanya dilacak tanpa saya mengangkat satu jari pun.

Pixel Watch menawarkan pengalaman Wear OS paling mulus yang pernah saya lihat dan terintegrasi dengan baik di ekosistem Google.

Google juga memastikan Pixel Watch terintegrasi dengan baik dalam ekosistemnya sendiri. Pengontrol rana kamera berguna untuk mengambil beberapa gambar dari jarak jauh dengan Pixel 7 Pro saya, Google Pixel Buds Pro langsung terhubung ke jam tangan karena sudah dipasangkan dengan ponsel saya, dan beberapa aplikasi (seperti Google Maps dan Citymapper) secara otomatis mentransfer saya arah navigasi dari layar ponsel saya ke layar jam tangan. Suara notifikasi juga disinkronkan dengan cukup baik antara ponsel dan jam tangan. Saat saya memakai jam tangan, jam tangan ini bergetar sementara ponsel tidak bersuara; ketika saya tidak memakainya, telepon malah mulai melakukan ping.

Secara umum, pengalamannya tampak solid, tapi itu saja. Tidak ada yang baru-baru dengan Wear OS 3.5, dan tidak ada yang benar-benar baru dengan Wear OS selama bertahun-tahun. Sementara pesaing seperti Samsung dan Apple sibuk menambahkan fitur dan meningkatkan integrasi ekosistem antara jam tangan pintar dan ponsel mereka, Google memberi kami fondasi kuat yang kekurangan satu juta bagian tambahan.

Hati-hati dengan semua fitur yang hilang

Aplikasi Google Home di Pixel Watch menampilkan pemberitahuan untuk membuka aplikasi di ponsel untuk kontrol lebih lanjut

Rita El Khoury / Otoritas Android

Setiap kali saya menggunakan aplikasi atau fitur di Pixel Watch, saya merasa terganggu dengan sesuatu yang hilang. Ambil Google Maps, misalnya: Aplikasi Wear OS tidak mendukung arah transit dan Anda bahkan tidak bisa mendapatkan notifikasi transit dari aplikasi ponsel untuk muncul di jam tangan Anda. Atau jika Anda membuka acara Google Kalender dengan lokasi yang ditetapkan di jam tangan, Anda tidak dapat mengetuk lokasi tersebut untuk membukanya — apa pun metode navigasinya.

Aplikasi perpesanan seperti Google Messages atau WhatsApp default tidak memiliki dukungan GIF dan catatan suara. Jika Anda dan teman / keluarga Anda sering menggunakannya, Anda harus cukup sering menjangkau ponsel untuk melakukan percakapan, meniadakan manfaat pengiriman pesan di jam tangan. (Dalam pengamatan pribadi saya, penggunaan voice note cukup tinggi di antara orang-orang yang mengobrol dalam bahasa selain bahasa Inggris, khususnya bahasa dengan huruf non-Latin.)

Setiap aspek kecil dari Wear OS masih kurang dalam satu atau lain bentuk. Bahkan aplikasi Google kehilangan fitur penting.

Aplikasi bawaan lainnya juga kekurangan fitur sederhana. Google Wallet tidak dapat menampilkan kartu loyalitas atau kartu hadiah. Aplikasi Google Home tidak memungkinkan Anda mengatur perangkat smart atau menyematkan perangkat yang paling sering digunakan ke atas. Google Assistant dapat melakukan doddly squat tanpa koneksi ke ponsel — bahkan saat jam tangan itu sendiri memiliki koneksi Wi-Fi, Anda tidak dapat menyetel pengatur waktu sederhana dengan suara.

Bahkan fitur-fitur Fitbit, yang saya harapkan menjadi top-of-the-line mengingat Google membeli Fitbit, meninggalkan banyak hal yang diinginkan. Tidak ada pengenalan olahraga aktif saat Anda berada di tengah aktivitas, tidak ada pelacakan menstruasi, dan banyak statistik terikat telepon untuk saat ini. Misalnya, skor kesiapan harian, manajemen stres, tingkat pernapasan, pencatatan air dan makanan, dan lainnya tidak ada di aplikasi pergelangan tangan.

Terlepas dari integrasi ekosistem yang solid, beberapa fitur lintas perangkat yang jelas dengan ponsel, komputer, dan speaker tidak dapat ditemukan.

Di sisi ekosistem, integrasi Google terasa seperti kesepakatan satu langkah maju, dua langkah mundur. Tidak ada buka kunci lintas perangkat untuk ponsel Android atau Chromebook dengan jam tangan Anda. Setelan jangan ganggu tidak dapat disinkronkan antara ponsel dan jam tangan, atau mode waktu tidur. Anda tidak mendapatkan dorongan ramah untuk membuka pengontrol kamera di pergelangan tangan saat meluncurkan kamera di ponsel. Kontrol Google Cast apa pun di speaker pintar rumah Anda tidak muncul di jam tangan untuk kontrol yang mudah.

Terakhir, implementasi Wear OS milik Google sendiri masih cukup lemah di bagian kustomisasi. Kita harus memiliki lebih banyak gaya dan desain tampilan jam, lebih banyak warna, dan lebih banyak ubin aplikasi. (Saya ingin melihat satu untuk pengingat, jam dunia, Citymapper, dan Todoist misalnya.) Saya juga memerlukan opsi untuk menyematkan aplikasi yang paling sering saya gunakan di daftar aplikasi, dan pintasan tombol khusus untuk meluncurkan aplikasi favorit saya dengan cepat.

Apa pendapat Anda tentang Wear OS?

18 suara

Saatnya untuk beberapa pembaruan cepat dan luas

Google Pixel Watch berada di samping Galaxy Watch 5 pro.

Kaitlyn Cimino / Otoritas Android

Pixel Watch telah meninggalkan saya dengan banyak perasaan yang saling bertentangan, tetapi yang paling jelas adalah benturan antara kekaguman saya pada betapa bagusnya pengalaman Wear OS saat berfungsi dan kekesalan saya pada semua yang masih hilang. Ada dasar yang kuat di sini, tapi perlu dimanfaatkan secepat mungkin.

Sebagian dari diri saya ingin memaafkan Google karena ini adalah jam tangan pintar pertamanya, sementara yang lain tidak bisa begitu saja mengabaikan fakta bahwa kita sama sekali tidak berada di masa-masa awal Wear OS. Platform ini diluncurkan delapan tahun lalu dan kami sudah menggunakan versi 3.5; fakta bahwa kami senang bahwa akhirnya dalam keadaan dapat digunakan dan bahwa kami memiliki dasar yang kuat, sejujurnya, menyedihkan. Sementara itu, persaingan juga telah bergerak jauh ke depan.

Ini bukan rodeo pertama Google, tidak peduli seberapa banyak perusahaan ingin kita berpikir seperti itu. Beberapa pembaruan besar dijadwalkan sesegera mungkin.

Karena kami tidak dapat menganggap ini sebagai rodeo pertama Google, perusahaan harus mengejar dan mengejar dengan cepat. Kami telah dijanjikan pembaruan Wear OS tahunan, bahkan penurunan fitur seperti telepon Pixel triwulanan untuk Watch, jadi masih harus dilihat apakah Google dapat memanfaatkan pembaruan ini untuk menempatkan platform jam tangan pintarnya setara dengan Samsung dan Apple.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *