Lipat memang menggoda, tetapi garansi Samsung yang rapuh membuat saya menjauh

samsung galaxy z flip 4 lipatan close up

Ryan Haines / Otoritas Android

Selama hampir satu tahun sekarang, saya telah menahan godaan untuk membeli smartphone yang dapat dilipat. Seperti banyak orang lain, saya menyadari bahwa banyak keraguan awal saya tentang faktor bentuk kini telah hilang. Lipat modern tampak jauh lebih tahan lama pada pandangan pertama, lengkap dengan engsel yang diperkuat dan peringkat ketahanan air resmi. Dan yang terpenting, penawaran terbaru Samsung juga tidak lagi terlalu mahal, setidaknya dalam konteks smartphone premium lainnya.

Namun, tidak ada yang sempurna, dan itu juga berlaku di sini. Saat meneliti pembelian potensial saya, saya menemukan bahwa klaim daya tahan Samsung yang dapat dilipat tidak selalu benar di dunia nyata. Tetap saja, itu tidak masalah, kan? Dengan garansi satu atau dua tahun, Anda harus terhindar dari cacat produksi dan potensi cacat desain yang dapat dilipat. Yah, sepertinya tidak selalu demikian, seperti yang diketahui oleh beberapa pemilik ponsel lipat yang tidak beruntung.

Ponsel cerdas yang dapat dilipat: Apakah benar-benar tahan lama?

Samsung Galaxy Z Flip 4 dan Galaxy Z Lipat 4

Robert Triggs / Otoritas Android

Masalah umum dengan Galaxy Z Flip 3 dan Fold 3 tahun lalu, dan model yang lebih lama dalam hal ini, adalah beberapa pemilik melaporkan bahwa pelindung layar yang dipasang di pabrik mengelupas atau menggelembung setelah beberapa bulan digunakan. Anda dapat memilih untuk menghilangkan lapisan ini sepenuhnya, tetapi mengingat risiko kerusakan pada Kaca Ultra Tipis, Samsung merekomendasikan untuk tidak melakukannya.

Di sebagian besar wilayah, Samsung akan mengganti film pelindung lipat Anda secara gratis jika perangkat masih dalam garansi. Namun, ini tidak diatur seperti dulu dengan Layanan Galaxy Fold Premier, yang mencakup penggantian layar satu kali diskon untuk perangkat lipat generasi pertama dan kedua. Jika Anda ingin perlindungan yang lebih komprehensif hari ini, Anda harus membayar untuk Samsung Care Plus.

Samsung akan mengganti pelindung layar lipat Anda secara gratis berdasarkan garansi kecuali jika Anda menganggap ponsel Anda rusak.

Garansi standar Samsung mencakup cacat pabrikan, dengan pengecualian biasa untuk kerusakan pengguna, tetapi tidak selalu jelas di mana garis antara kesalahan pabrikan dan pengguna jatuh dengan tampilan yang dapat dilipat. Di pasar di mana perangkat lipat tidak umum, mendapatkan pengganti atau bentuk dukungan apa pun bisa sangat sulit. Beberapa pusat perbaikan bahkan memiliki dilaporkan bertanya pelanggan untuk mengganti seluruh unit display dengan yang baru dengan biaya sendiri.

Terkait: Berapa biaya untuk mengganti layar ponsel yang dapat dilipat?

Saya akui bahwa pelindung layar yang terkelupas bukanlah masalah besar. Paling tidak, saya tidak akan mendasarkan keputusan pembelian saya di sekitarnya. Sayangnya, bagaimanapun, daftar masalah tampaknya tidak berakhir di situ.

Sejumlah kecil (tetapi tidak signifikan) pengguna juga telah melaporkan layar lipat mereka retak di sepanjang lipatan. Tingkat keparahan masalah ini dapat berkisar dari kerusakan pemandangan kecil hingga smartphone yang sama sekali tidak dapat digunakan. Jika Anda sangat tidak beruntung, layar juga dapat mengembangkan deretan piksel mati di sekitar area yang terpengaruh. Lihat galeri di bawah ini dari beberapa contoh dari pengguna yang memposting di Reddit:

Kegagalan tampilan spontan dalam beberapa bulan kepemilikan akan menimbulkan kekhawatiran tersendiri. Tetapi yang lebih buruk adalah bahwa Samsung dilaporkan telah memberi tahu beberapa pengguna untuk membayar $ 350 hingga $ 500 untuk perbaikan di luar garansi, biasanya menyalahkan masalah pada kerusakan atau kesalahan penanganan pengguna. Dalam beberapa kasus, pengguna mengklaim bahwa goresan cat kecil dan goresan tak disengaja pada bagian luarnya membuat layar bagian dalam tidak memenuhi syarat dari cakupan garansi.

Lecet dan goresan kecil tampaknya sudah cukup untuk membatalkan garansi Samsung

Hanya dalam beberapa menit pencarian, Anda dapat menggali ratusan keluhan pengguna yang marah di seluruh Amerika Utara, Eropa, dan Asia. Posting mereka di forum Samsung sendiri tampaknya sebagian besar jatuh di telinga tuli. Seorang pemilik yang frustrasi bahkan membingkai Galaxy Z Flip 3 mereka yang berusia tiga bulan yang rusak di samping salinan email penolakan garansi Samsung.

Kami menghubungi Samsung untuk memberikan komentar tentang masalah ini, mengutip banyak utas forum dan pengguna yang frustrasi, dan tidak mendapat tanggapan.

Kesengsaraan garansi: Apakah membeli yang dapat dilipat layak dilakukan?

Pilihan warna Samsung Galaxy Z Flip 4 berjajar di atas meja 2

Kris Carlon / Otoritas Android

Laporan-laporan inilah yang menghalangi saya untuk membeli yang dapat dilipat. Beberapa mungkin hanya bersedia membayar lebih dari $1.000 karena jaminan Samsung bahwa perangkat akan bertahan 200.000 kali lipat atau beberapa tahun penggunaan normal. Tidak tercakup untuk masalah tampilan yang Samsung yakinkan kepada kami sangat jarang, tentu saja tidak terlalu ramah konsumen.

Tentu saja, sebagian besar pemilik ponsel lipat tidak pernah menghadapi masalah dengan perangkat mereka. Atau bahkan jika mereka melakukannya, garansi Samsung akan menanganinya. Di AS setidaknya, mitra perbaikan Samsung uBreakiFix tampaknya menggantikan tampilan yang gagal dengan sedikit atau tanpa drama. Namun, sebagai calon pembeli di luar pasar Samsung yang sudah mapan, membeli ponsel lipat Samsung terasa seperti perjudian.

Apakah masalah garansi layar membuat Anda enggan membeli yang dapat dilipat?

148 suara

Menurut pendapat saya, Samsung belum melakukan cukup banyak untuk mengatasi masalah lama antara generasi yang dapat dilipat ini. Menurut materi pemasaran perusahaan, Galaxy Z Flip 4 dan Fold 4 tahun ini memiliki layar bagian dalam yang lebih kuat dan tangguh, dengan perekat yang lebih kuat pada film pelindung. Namun, tidak jelas apakah masalah retak spontan dan kegagalan tampilan telah diperbaiki atau ditangani sama sekali. Lipatannya masih ada.

Saya bersedia membeli yang dapat dilipat jika rilis terbaru Samsung berhasil lolos dari kontroversi. Tetapi pada saat kami yakin akan hal itu, generasi berikutnya kemungkinan akan berada di cakrawala. Seperti yang terjadi, garansi Samsung tidak memadai bagi saya untuk mengambil risiko pada pembelian yang begitu mahal.

Membeli Samsung yang dapat dilipat di luar AS terasa seperti perjudian.

Pada akhirnya, satu-satunya cara untuk memiliki Samsung foldable dengan aman adalah dengan membeli Samsung Care Plus atau asuransi kecelakaan pihak ketiga yang serupa. Tapi itu membuat Galaxy Z Flip 4 lebih mahal daripada harga kompetitif $ 999 yang disarankan. Samsung baru-baru ini menurunkan pengurangan perbaikan layar lipatnya agar sesuai dengan layar standar, sehingga biayanya hanya $29 (ditambah biaya bulanan $8), tetapi itu adalah biaya yang menonjol dibandingkan garansi standar. Tetap saja, ketenangan pikiran sangat berharga, terutama jika Anda tinggal di suatu tempat dengan undang-undang perlindungan konsumen yang lemah seperti saya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *