Ulang tahun ke-20 Mozilla Firefox sebenarnya adalah hari ini

Logo Ulang Tahun Firefox
Mozilla Firefox telah lama menjadi salah satu browser besar bersama Google Chrome, Microsoft Edge (sebelumnya Internet Explorer), dan Safari. Dengan demikian, ulang tahunnya adalah masalah yang cukup besar. Lagi pula, itu sudah sekitar untuk sementara waktu. Jika Anda Google Searched Firefox ulang tahun, Mozilla akan Anda percaya itu adalah 9 November. Namun, hari jadi Firefox yang sebenarnya adalah hari ini, 23 September.

Versi Firefox pertama keluar 23 September

Firefox stok foto 10

Edgar Cervantes / Otoritas Android

Alasan Mozilla merayakan ulang tahunnya pada tanggal 9 November adalah karena Firefox versi 1.0 keluar pada tanggal tersebut. Mozilla juga memiliki blog tentangnya tweet tentang itu dari berbagai tahun. Kami menduga Mozilla menginginkan versi 1.0 untuk menetapkannya sebagai hari ulang tahun Firefox, kemungkinan karena itu adalah rilis yang lebih penting. Namun, versi 0.1 rilis Firefox, yang merupakan yang pertama, memulai debutnya pada tanggal 23 September 2002.

Kami mengerti mengapa Mozilla merayakan 9 November sebagai hari ulang tahun Firefox, tetapi kami lebih memilih yang asli.

Itu diberi nama kode Pescadero, setelah sebuah kota California di daerah San Mateo. Fakta menyenangkan, sebagian besar Firefox 1.0 dan versi sebelumnya diberi nama berdasarkan berbagai kota di seluruh dunia. Dimulai dengan versi 2.0, perusahaan beralih ke taman nasional sebelum beralih ke burung setelah versi 4.0. Kami telah mencapai versi 105 sekarang, jadi kami cukup yakin mereka telah mengubahnya lagi sejak saat itu.

Hari ini menandai peringatan 20 tahun Firefox

Firefox stok foto 1

Edgar Cervantes / Otoritas Android

Bagaimanapun, hari ini menandai peringatan 20 tahun rilis pertama Firefox. Kami akan meluncurkan retrospektif dari browser populer, tetapi dengan 105 versi untuk mencakup berbagai platform, perlu waktu seharian untuk menuliskannya. Jadi, demi kepentingan ruang, berikut adalah beberapa fakta menyenangkan Firefox:

  • Mozilla dimulai pada tahun 1998 ketika Netscape merilis kode sumbernya. Netscape versi 6 dan 7 dibangun di atas Suite Aplikasi Mozilla, dengan Netscape 8 berbasis langsung pada Firefox. Peramban Netscape akan tetap berbasis Firefox sampai kematiannya pada tahun 2008.
  • Versi pertama dari browser Firefox diluncurkan pada tanggal 23 September 2002, tepat 20 tahun yang lalu hari ini. Firefox dan Netscape berkompetisi di ruang yang sama selama bertahun-tahun dengan basis kode yang sama. Ini tidak terlalu berbeda dari bagaimana Google Chrome dan Microsoft Edge sekarang bersaing dengan banyak basis Chromium yang sama.
  • Firefox adalah yang paling populer pada tahun 2009, ketika memiliki pangsa pasar 32,21%. Pada Juli 2009, ia telah melampaui satu miliar unduhan dan menjadi perangkat lunak sumber terbuka paling populer di dunia, sebuah gelar yang masih dipegangnya hingga sekarang.
  • Pada tahun 2009, itu juga melampaui Internet Explorer 7 dalam popularitas di Eropa, menandai pertama kalinya Internet Explorer kehilangan pasar utama ke browser lain sejak memenangkan perang browser. Chrome akan mengalahkan mereka berdua hanya beberapa tahun kemudian.
  • Ini masih browser paling populer keempat di belakang Chrome, Safari, dan Edge (dalam urutan itu), dengan pangsa pasar 3,26%.
  • Ini sepenuhnya open-source dan juga nirlaba, sesuatu yang tidak dapat dibanggakan oleh empat browser teratas lainnya. Beberapa orang mungkin memunculkan Chromium, tetapi Chromium adalah kode sumber terbuka yang menjadi dasar Chrome. Chrome sendiri adalah hak milik.
  • Firefox adalah browser pertama yang menyertakan add-on dan tema.
  • Itu juga merupakan browser pertama yang mendukung game 3D di dalam browser. Itu sekarang standar di semua browser utama.
  • Nama, Firefox, berasal dari nama panggilan panda merah. Panda merah adalah maskot Firefox paling awal, dan Mozilla digunakan untuk meng-host halaman langsung di mana Anda bisa menonton panda merah di kamera.

Jadi, seperti yang Anda lihat, Firefox telah mencapai banyak hal dalam 20 tahun pertama kehidupannya. Meskipun itu bukan pembangkit tenaga listrik yang populer seperti dulu, itu masih salah satu browser yang paling aman dan berfokus pada privasi yang tersedia di era di mana orang menjadi lebih sadar akan privasi dan keamanan Internet.

Apakah masa depan Firefox kurang pasti?

Kantor tanda logo Firefox

Firefox akan terus berjalan seperti biasa untuk saat ini. Mozilla telah menyatakan bahwa mereka tidak memiliki rencana untuk menghentikan Firefox saat ini dan bahwa Firefox adalah produk utamanya. Namun, sulit untuk mengabaikan berita buruk itu. Pangsa pasar Firefox telah menurun selama bertahun-tahun karena sebagian besar telah beralih ke Google Chrome.

Firefox bergantung pada utas, tetapi nilainya bahwa privasi dan keamanan menjadi dasar dan bukan opsional sama pentingnya seperti sebelumnya.

Kami tidak yakin tentang masa depan Firefox. Chromium mendukung dua dari tiga browser teratas di dunia dengan Chrome dan Edge. Mereka menyumbang sekitar 75% dari semua lalu lintas browser saat ini. Kami tidak akan berbohong, ini terlihat suram, dan kami tidak tahu apa yang harus dilakukan Firefox untuk mendapatkan kembali beberapa pangsa pasar.

Yang mengatakan, saya adalah pengguna Firefox yang setia, dan saya akan terus menggunakannya sampai admin situs Otoritas Android memberi tahu saya bahwa saya tidak bisa lagi. Mudah-mudahan, itu masih jauh. Ini untuk 20 tahun, Firefox, dan ini harapan bahwa Anda masih ada dalam 20 tahun lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *