Pewaris Samsung diampuni demi ekonomi Korea

logo samsung

Kris Carlon / Otoritas Android

TL;DR

  • Pewaris Samsung Jay Y. Lee baru saja diampuni sepenuhnya oleh pemerintah Korea Selatan atas berbagai kejahatannya.
  • Pemerintah memperjelas bahwa pengampunannya untuk melindungi ekonomi, yang sangat bergantung pada Samsung.
  • Besar kemungkinan Lee akan resmi mengambil alih posisi lama ayahnya sebagai pimpinan Samsung.

Di Korea Selatan, Wakil Ketua Samsung Electronics Jay Y. Lee telah divonis beberapa kali atas berbagai tuduhan kejahatan serius. Ini termasuk sumpah palsu, penggelapan, menyembunyikan aset di luar negeri, dan menyuap pejabat terpilih untuk membantu Samsung melakukan berbagai transaksi bisnis.

Meskipun Lee – yang dikenal sebagai Lee Jae-yong di Korea – telah menjalani hukuman penjara untuk kejahatan ini, catatannya sekarang bersih. Pewaris Samsung telah menerima pengampunan presiden dari pemerintah Korea dan sekarang dapat melakukan apa yang dia inginkan di Samsung. Ini termasuk, secara teoritis, dia akhirnya mengambil alih perusahaan seperti yang diharapkan orang-orang setelah posisi itu dikosongkan karena kematian ayahnya.

Dengan kata lain, pemerintah merasa ekonomi Korea sangat bergantung pada kepemimpinan Lee di Samsung sehingga bersedia untuk mengabaikan semua kejahatannya.

Pewaris Samsung: Aturan untukmu, bukan untuk dia

Hukum Korea mencegah Lee bekerja di Samsung saat dia menjalani hukuman penjara. Namun, rumor menunjukkan dia masih terlibat dalam bisnis sehari-hari dan pemerintah tidak berbuat banyak untuk menghentikannya.

Sekarang setelah dia keluar, catatan kriminalnya masih menghalanginya untuk memiliki kebebasan penuh untuk menjalankan Samsung. Itu sebabnya grasi presiden penting. Ini pada dasarnya memungkinkan dia untuk melakukan apa yang dia lakukan tanpa catatan kriminal.

Pemerintah Korea tidak memiliki masalah untuk melihat ke arah lain ketika Samsung melakukan hal-hal ilegal secara terang-terangan.

Selain itu, ayah Lee – Lee Kun-hee – juga memiliki dugaan transaksi kriminal yang luas. Ini termasuk suap, penghindaran pajak, dan pelanggaran biaya kepercayaan. Lee Kun-hee juga menerima pengampunan dari pemerintah Korea dan tidak pernah didakwa secara resmi atau menjalani hukuman penjara.

Lee Kun-hee dirawat di rumah sakit pada tahun 2014 setelah serangan jantung. Dia meninggal pada tahun 2020. Namun, sejak 2014, posisinya sebagai kepala Samsung dibiarkan kosong, meskipun putranya diperlakukan sebagai pewaris Samsung secara de facto.

Jelas, ayah dan anak itu menjalankan Samsung tanpa banyak mempedulikan hukum. Sekarang, Jay Y. Lee memiliki catatan yang bersih dan dapat kembali berbisnis sekali lagi.

Samsung dan Korea Selatan jelas punya masalah besar

“Dengan kebutuhan mendesak untuk mengatasi krisis ekonomi nasional, kami dengan hati-hati memilih pemimpin ekonomi yang memimpin mesin pertumbuhan nasional melalui investasi teknologi aktif dan penciptaan lapangan kerja untuk diampuni,” kata Menteri Kehakiman Han Dong Hoon setelah pengampunan Jay Y. Lee.

Seharusnya cukup memprihatinkan bagi Korea yang siap bergantung begitu banyak pada satu orang ini untuk seluruh perekonomian Korea. Samsung sangat besar — ​​menyumbang sekitar 15% dari PDB Korea Selatan. Tetapi jika Samsung membutuhkan kepemimpinan satu orang untuk bertahan, itu menempatkan sebagian besar kesuksesan Korea di pundak satu orang itu. Pengampunan eksekutif Samsung Korea pada dasarnya adalah persetujuan diam-diam bahwa mereka berada di atas hukum.

Struktur semacam itu tidak berkelanjutan dan dapat menyebabkan masalah luar biasa bagi Samsung — dan Korea sendiri — seiring berjalannya waktu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *